full screen background image

Kapolri: Perpanjang SIM Tak Perlu Pulang Kampung

Share Button
kapolri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (foto: Sindonews/okezone.com

Jakarta-Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi meluncurkan sistem e-tilang, e-samsat dan SIM online di Satpas SIM, Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat.

Tito menjelaskan, dengan adanya SIM online ini bisa membantu masyarakat dari daerah yang merantau ke Jakarta untuk memperpanjang SIM.

“Teman-teman dari Papua yang tengah bersekolah di Jakarta enggak perlu lagi pulang ke Papua. Dengan perpanjangan online ini, mereka bisa memperpanjang di Jakarta. Lagi pula kalau ke Papua biaya bisa sampai Rp5 juta. Padahal perpanjangan SIM cuma kurang lebih dari Rp200 ribu,” kata Tito di Satpas SIM, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (16/12/2016).

Kemudian Tito menambahkan, untuk pembuatan SIM baru masyarakat harus rela untuk pulang kampung. Namun, karena sistemnya belum dibangun Insya Allah kedepannya polisi akan segera mengurus pembuatan SIM baru melalui sistem online.

“Namun yang belum ada, SIM online yang baru. Masyarakat harus membuat SIM baru di daerah asalnya,” ungkapnya.

Tito berharap dengan adanya sistem online, akan mengurangi calo. “Dengan adanya online maka sentuhan calo akan jauh berkurang, saya enggak mengatakan hilang. Karena penjahat lebih pintar dari kita. Karena bayarnya melalui ATM,” pungkasnya.

SUMBER | OKEZONE.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.