full screen background image

Kata Kandidat Soal Keamanan di Aceh

Share Button
debat-kandidat

Enam pasangan calon pilkada Aceh bersiap mengikuti debat Pilkada Aceh, di Banda Aceh, Kamis (22/12/2016). FOTO | METROTVNEWS.COM 

Banda Aceh-Calon gubernur nomor dua, Zakaria Saman, mengatakan keamanan Aceh akan terjamin asal masyarakat tidak kelaparan. Baginya, urusan perut menjadi salah satu faktor penting menciptakan keamanan.

“Kalau perut sudah kenyang, orang tidak akan ribut lagi,” ujar Zakaria Saman dengan logat Aceh yang kental, dalam sesi perpanjangan visi misi lewat pertanyaan, Debat Pilkada Aceh, di Banda Aceh, Kamis (22/12/2016).

Menjawab pertanyaan panelis yang dibacakan Rory Anshari terkait tidak adanya sektor keamanan yang disinggung dalam visi misinya, Zakaria menilai masuknya investasi dan kesejahteraan rakyat menjadi faktor utama agar tak muncul pemberontakan di masyarakat.

Dia menilai masyarakat di perkampungan menjadi sasaran utama dalam program kerjanya.

Kandidat lain, Abdullah Puteh, menilai keamanan Aceh akan terwujud saat kerja sama antara pemerintah Aceh dengan pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten/kota terjalin baik.

“Itu baik buat keamanan kita,” ujar pasangan nomor urut tiga ini.

Calon gubernur Tarmizi Karim menilai keamanan menjadi kunci utama menyejahterakan masyarakat. Jika Aceh aman, maka banyak investor yang masuk dan menanam saham di Aceh. Hal itu, kata dia, sangat baik bagi pertumbuhan masyarakat.

Saat ditanya soal penerapan keamanan, Tarmizi mengatakan partisipasi masyarakat menjadi salah satu kunci perwujudan keamanan di bumi Serambi Mekkah. Sehingga,kata dia, tercipta keutuhan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

Enam pasangan kandidat mendapat satu pertanyaan dari pembawa acara terkait visi dan misi yang telah dipaparkan sebelumnya. Mereka diberi waktu menjawab selama satu menit tiga puluh detik.

Debat kandidat Pilkada Aceh disiarkan langsung Metro TV malam ini. Adapun tahapan debat kandidat yaitu penyampaian visi dan misi masing-masing calon kandidat, perpanjangan visi misi lewat pertanyaan, pembahasan isu faktual yang akan dijawab oleh pasangan calon, dan diakhirnya sesi tanya jawab oleh pasangan calon.

Pemilihan Gubernur Aceh 2017 diikuti enam pasang calon. Tiga pasangan berasal dari jalur perseorangan, yakni Zaini Abdullah-Nasaruddin, Zakaria Saman-Teuku Alaidinsyah, dan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa.

Sedangkan tiga pasang lainnya diusung partai politik. Yakni, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Muzakir Manaf-T.A. Khalid, dan Tarmizi A. Karim-T. Machsalmina.

SUMBER | METROTVNEWS.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.