oleh

Ini Kata Manager Inovasi Open Data Labs Terkait Produk Unggulan Gampong

 

deseminasi-hasil-penelitian-icaios-5
Deseminasi Hasil Penelitian ICAIOS. FOTO | IST

Banda Aceh-Manager Inovasi Open Data Labs Jakarta, Antya Widita mengaku tertarik hadir di Banda Aceh dan ikut mempromosikan produk-produk di Banda Aceh dengan menggunakan data dan berbasis web.

“Kerjasama dengan ICAIOS, saat ini kita sudah memiliki data produk unggulan Gampong di Banda Aceh. Data inilah nanti kita buka untuk publik sehingga bisa dimanfaatkan bersama-sama oleh masyarakat dan Pemerintah untuk kemudian mendiskusikan pengembangan gampong berdasarkan potensi produk unggulan ini,” ungkap Antya Widita, Kamis, 9 Februari 2017, di Banda Aceh.

Antya Widita mengaku program tersebut masih baru di Indonesia dan belum banyak memiliki contoh yang bisa digambarkan. Namun, lanjutnya sejauh ini sudah terlihat program ini bisa menjalin komunikasi antara pelaku usaha dengan Pemko. “Jurang komunikasi itu sudah tidak ada lagi,” ungkapnya.

Terkait dengan produk yang ada di Banda Aceh, Antya Widita yang mengatakan produknya yang ditampilkan sangat unik dan khas. “Saya lihat ada yang dari tanah liat, tenunannya juga khas sekali dan makanannya juga sangat khas Aceh,” tambahnya.

Data awal yang sudah dikantongi International Conference on Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS) dan Open Data Labs Jakarta, di Banda Aceh terdapat 368 produk dari program One Village One Product di Gampong-gampong yang selama ini telah didorong oleh Pemko. Dari jumlah tersebut yang sudah termasuk dalam Produk Tanyoe 140 produk.

Bagi warga Banda Aceh yang ingin mempromosikan hasil karyanya di Galeri Produk Tanyoe dapat mendaftar di website http://kotatnayoe.iloveaceh.org.

Dalam kesempatan tersebut, ada beberapa produk yang ikut ditampilkan dan dijelaskan sejarah pengolahannya oleh pengrajin, seperti:
– Beulangong Tanih Produk dari Gampong Ateuk Jawo
– Tumurui Clothing Produk dari Gampong Laksana
– Dendeng Ikan Produk dari Gampong Alue Deah Teungoh
– Ramu Produk dari Gampong Lamteh
– Jernang Produk dari Gampong Ilie
– Keumamah Rajang Produk dari Gampong Lampulo
– Keumamamh Siap Saji Produk dari Gampong Ceurih
– Kerajinan Daur Ulang Aceh (Ainal Craft) dari Lampaloh
– Aneka Bumbu Masak Prosuk dari Gampong Lampulo.

[Penulis | Kontributor Banda Aceh]
[Editor   | Rizal JP]

Komentar

News Feed