oleh

Ini Kata Peserta Fam-Trip Saat Berada di Aceh

fam-trip-ke-aceh
Biro perjalanan wisata yang terdiri dari 36 orang asal Malaysia, serta satu orang dari Batam dan Medan, saat berada di lokasi wisata Kapal Apung. FOTO | IST

Banda Aceh-Sebanyak 38 perwakilan agen dan biro perjalanan wisata yang terdiri dari 36 orang asal Malaysia, serta satu orang dari Batam dan Medan melakukan “Familiarization Trip” (fam-trip) ke Aceh selama tiga hari, 7-9 Juli.

Salah seorang peserta fam trip dan juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Pelaku Pariwisata Bumi Putra Malaysia, Shuhaida Borhan mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaannya selama berada di Aceh.

“Sebuah keharuan mendalam karena akhirnya saya dapat berada di Aceh. Sudah lama saya ingin berkunjung ke Aceh untuk menikmati pesona budaya dan alam Aceh, khususnya wisata Tsunami. Aceh begitu indah dan masyarakatnya yang ramah. Saya akan berusaha membawa tamu ke Aceh dari Malaysia,” sebutnya.

Sejak hari pertama kedatangan di Aceh, peserta fam-trip langsung diajak meliput berbagai keunikan dan daya tarik pariwisata Aceh, khususnya wisata yang ada di Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang. Selain meliput, peserta fam-trip juga melakukan shalat berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman dan berbelanja di Pasar Aceh, Banda Aceh.

Mahlizar selaku Pimpinan “The Great Wall Tour” menyatakan bahwa kehadiran peserta fam-trip dari Malaysia diharapkan akan berdampak pada kemajuan industri pariwisata Aceh.

“Saya berharap kehadiran peserta fam trip dari Malaysia akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Malaysia ke Aceh, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada upaya pemberdayaan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan masyarakat Aceh, khususnya di sektor pariwisata,” ungkap Mahlizar.

Sebagai bentuk rasa penasaran untuk menjelajahi pesona wisata Aceh, sebut Mahlizar, ada 8 orang peserta telah memperpanjang masa fam tripnya di Aceh dan melanjutkan perjalanannya ke Sabang.

Malaysia adalah salah satu negara ASEAN, selain Singapura yang menduduki peringkat pertama kunjungan wisatawan ke Aceh. Jumlah kunjungan wisatawan Malaysia mencapai 30.038 wisatawan pada tahun 2016 atau meningkat sekitar 40% dibandingkan tahun 2015 yang mencapai sekitar 21.046 wisatawan. Hal ini tidak terlepas karena Malaysia dan Aceh memiliki keeratan hubungan emosional, budaya dan sejarah masa lalu.[]

Komentar

News Feed