oleh

Ini Kegiatan dan Mata Anggaran Rp 650 Miliar di APBA 2017

askalani
Koordinator GeRAK Aceh Askhalani. FOTO | AJNN.NET 

[clickToTweet tweet=”Ini Kegiatan dan Mata Anggaran Rp 650 Miliar di APBA 2017″ quote=”Ini Kegiatan dan Mata Anggaran Rp 650 Miliar di APBA 2017″][social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

Banda Aceh-Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh kembali menemukan mata anggaran Rp 650 miliar yang diusulkan oleh sejumlah pihak dalam Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA ) 2017 yang sedang dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

skpa-apba
Anggaran Rp 650 miliar yang dikelola oleh 14 SKPA. FOTO | AJNN.NET 

Koordinator GeRAK Aceh Askhalani mengatakan dana Rp 650 miliar itu ditempatkan disejumlah Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA). Bahkan mekanisme dan tata cara pengusulan kegiatan hibah dan bansos ini menunjukan adanya pola kemiripan yang sama sebagaimana kasus Rp 650 miliar yang pernah terjadi pada APBA 2013.

Berdasarkan hasil kajian dan analisis anggaran GeRAK Aceh terhadap dokumen dan usulan anggaran yang ditempat dalam sejumlah SKPA patut dicurigai, aktivitas ini sebagai salah satu modus untuk “bancakan” kepentingan, pengusulan anggaran hibah dan bansos atas nama kepentingan masyarakat ini dilakukan dengan mengusulkan melalui mekanisme atas nama “aspirasi” publik.

Dari hasil temuan GeRAK Aceh, kata Askhal, ditemukan ada 14 SKPA yang menampung paket usulan kegiatan ini, total paket yang diusulkan diakhir pembahasana KUA-PPAS adalah sebanyak 119 paket kegiatan, pengusulan paket kegiatan ini patut dicurigai dan memiliki hirarki kepentingan untuk logistik Pemilukada pada tanggal 15 Februari 2017.

Dari total jumlah paket yang diusulkan tersebut, GeRAK Aceh menduga sebagaian besar adalah usulan “proyek siluman” atas nama aspirasi masyarakat, dalam kaitanya beberapa pihak menempatkan anggaran ini untuk kepentingan kelompok yang memang sejak lama sudah dipersiapkan untuk mendapatkan anggaran APBA 2017 melalui skema hibah dan bansos.

Untuk itu, GeRAK meminta kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh untuk mengawal seluruh proses pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2017.

SUMBER | AJNN.NET 

Komentar

News Feed