full screen background image

Kementerian LHK Sosialisasi Perubahan Iklim

Share Button

Banda Aceh-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, menyelenggarakan rangkaian Workshop Sosialisasi Perubahan Iklim dan Langkah Tindak Lanjut Pasca COP 21 Paris di 16 Provinsi yang berlangsung sejak Juni hingga Juli 2016.

Sosialisasi pertama diselenggarakan di Manokwari dan akan dilanjutkan di kota-kota lainnya seperti, Banda Aceh, Padang, Jambi, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, Palu, Jayapura, Jakarta dan Banten, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Di Banda Aceh, sosialisasi tersebut berlangsung Rabu, 20 Juli 2016, di sebuah hotel dikawasan Lampeneurut, Aceh Besar.

Kegiatan ini dihadiri kepala daerah dan pimpinan dinas terkait, DPRD Provinsi/Kabupaten dan Kota, unsur masyarakat sipil, perguruan tinggi, dan wakil perusahaan swasta.

Staf Ahli Menteri LHK Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Agus Justianto, menyampaikan, pentingnya pertemuan tersebut guna penyempurnaan elaborasi INDC ke dalam NDC, terutama terkait target kontribusi Indonesia terhadap penurunan emisi tahun 2020-2030 mendatang.

“Dengan adanya masukan dari daerah, dokumen NDC Indonesia nantinya akan semakin dekat dengan implementasi ditingkat tapak,” ujar Agus.

Menurutnya, peran daerah dalam tindak lanjut Paris Agreement dan NDC antaralain yaitu sinkronisasi baseline nasional dan sub-nasional, identifikasi resiko dan penanggulangannya.

“Yang terpenting adalah mengarus utamakan isu perubahan iklim dalam pembangunan daerah,” imbuhnya.

Penasehat senior Menteri LHK Republik Indonesia, Efransjah, menyebutkan, selain bertujuan untuk menyampaikan hasil-hasil penting sebagaimana disepakati dalam Paris Agreement, kegiatan tersebut juga untuk mendapatkan masukan dari daerah dalam menyusun dokumen komitmen Indonesia (NDC/Nationally Determined Contribution).

“NDC merupakan elemen penting dalam komitmen pasca 2020 sebagai kontribusi tiap negara pihak berupa target dalam penurunan emisi gas rumah kaca yang harus dicapai selepas 2020 nanti, sebutnya.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM