full screen background image

Ketua Banleg DPRA: Tidak Ada Alasan Menunda Pilkada Aceh

Share Button
Ketua Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Iskandar Usman Al-Farlaky. Foto | Hidaya

Ketua Badan Legislasi (Banleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Iskandar Usman Al-Farlaky. Foto | Hidayat

Banda Aceh – Ketua Badan Legislasi (Banleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Iskandar Usman Al-Farlaky mengatakan, tidak ada alasan  melakukan penundaan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Aceh tahun 2017 mendatang.

Hal itu sebagaimana disampaikan Iskandar Usman Al-Farlaky usai melakukan pembahasan revisi Qanun Pilkada no 5 tahun 2012 tentang pencalonan kepala daerah atau bupati/walikota melalui jalur perseorangan antara pihak Badan Legislasi DPRA dengan pihak eksekutif di gedung DPRA, Senin, 16 Mei 2016.

“Tidak ada alasan menunda Pilkada. Qanun sedang kita bahas, kecuali kita tidak mau membahas qanun tersebut,” ujar Iskandar.

Terkait permintaan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah agar melakukan penundaan pembahasan qanun tentang Pilkada, Iskandar Usman al-Farlaky mengatakan tidak serta merta pihak eksekutif boleh meminta ditunda atau dicabutnya Qanun tersebut (Qanun yang dimaksud adalah yang terdapat pada pasal 24 tentang syarat perseorangan).

“Tidak boleh serta merta pihak eksekutif meminta pembahasan qanun itu ditunda atau untuk mencabut itu, dia ada mekanismenya,” tutur Iskandar.

Menurut Anggota DPRA dari Partai Aceh itu, saat ini Zaini Abdullah adalah Gubernur Aceh, karena itu Iskandar meminta supaya Zaini tidak membuat keputusan atas nama calon gubernur Aceh 2017-2022 tetapi atas nama Gubernur Aceh, sehingga tidak merasa keberatan dengan qanun tentang Pilkada pasal 24 tersebut.

“Kalau saudara Gubernur merasa pasal 24 ini keberatan, saat ini posisinya adalah sebagai Gubernur, sebagai kepala pemerintahan, bukan sebagai calon gubernur. Jadi kenapa harus keberatan,” sebut anggota DPRA dari Partai Aceh tersebut .

Reporter | Hidayat

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.