oleh

KIP Aceh Tetapkan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, Siapa Saja?

00
Ridwan Hadi
Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi. FOTO | HIDAYAT PULO

Banda Aceh-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, telah menetapkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2017-2022 mendatang. Dalam rapat pleno yang berlangsung, Senin, 24 Oktober 2016, di Hermes Palace Hotel, Lampineung, Banda Aceh, enam pasangan dinyatakan lulus.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, mengungkapkan, selanjutnya sudah sampai di tahapan pencalonan dan nantinya akan dilakukan pembagian nomor urut Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang sudah ditetapkan pada hari ini.

Keenam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada 2017 mendatang, meliputi, tiga diantaranya maju melalui jalur partai yaitu Tarmizi A. Karim-Machsalmina, Irwandi Yusuf-Nova Iriyansyah dan Muzakir Manaf-T.A Khalid.

Sedangkan dari jalur independen yang juga dinyatakan sudah memenuhi persyaratan oleh KIP Aceh, yakni Zakaria Saman-T Alaidinsyah, Zaini Abdullah-Nasaruddin dan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab. Ketiga pasangan tersebut sebelumnya sempat mengalami kekurangan jumlah syarat dukungan KTP, namun sudah melengkapinya.

Ketua KIP Aceh menyampaikan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seleuruh masyarakat Aceh yang telah berpartisipasi dan mendukung proses tahapan Pilkada yang secara teknis dilakukan KIP Aceh tersebut, sehingga tahapan Pilkada Aceh sudah berlangsung dengan sangat baik dan tertib.

Selain itu KIP Aceh juga memberikan apresiasi kepada para pimpinan partai politik di Aceh yang telah menjunjung tinggi nilai demokrasi serta telah bersungguh-sungguh mengikuti peraturan yang ditetapkan KIP sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Proses pelaksanaan tahapan Pilkada oleh para pimpinan partai yang ada di Aceh juga patut dibanggakan masyarakat, sehinggga nantinya masyarakat dapat berdemokrasi secara baik,” harapnya.

Ridwan Hadi juga menympaikan, pada Selasa 25 Oktober 2016 besok, pihaknya kembali akan menggelar rapat bersama dengan seluruh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang sudah ditetapkan pada hari ini. Rapat tersebut kata dia akan berlangsung di ruang sidang Paripurna DPR Aceh tepat pada pukul 10.00 WIB.

“Kami berharap kepada semua calon yang sudah ditetapkan lulus pada hari ini agar semuanya hadir besok, karena ini sangat penting terkait beberapa aturan yang sudah berubah dan perlu dijelaskan kepada semua pasangan calon,” pungkas Ridwan Hadi.

Reporter | Hidayat Pulo

Komentar

News Feed