oleh

KIP Tetapkan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh

Rapat Pleno Pilkada
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, menggelar rapat pleno terbuka untuk mengumumkan hasil penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh periode 2017-2022. FOTO | HIDAYAT PULO

Banda Aceh-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, menetapkan pasangan calon Aminullah-Zainal dan Illiza-farid, sebagai calon walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh untuk maju pada Pilkada yang akan berlangsung 2017 mendatang.

Kepastian lolosnya dua paslon tersebut ditetapkan dalam rapat pleno terbuka Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, Senin, 24 Oktober 2016, di Kantor KIP setempat.

Ketua KIP Banda Aceh, Munawarsyah menyampaikan, hasil verifikasi yang dilakukan pihaknya menyimpulkan, dari empat paslon hanya dua pasangan calon yang dinyatakan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh KIP Kota Banda Aceh.

Sementara pasangan calonĀ  Adnan Beuransyah-Umar Rafsanjani dan Marniati-Amiruddin Usman Daroy, tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh lembaga tersebut. Dengan demikian, maka dipastikan perebutan kursi Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh mendatang hanya milik dua pasangan calon Aminullah-Zainal dan Illiza-Farid.

Ketua KIP Banda Aceh, Munawarsyah juga mengingatkan kepada pasangan calon petahana agar segera menyerahkan surat pengunduran diri kepada KIP sebelum dimulainya kampanye sesuai aturan yang berlaku.

“Kami ingatkan terutama kepada calon petahana bahwa satu hari sebelum dimulai kampanye untuk menyampaikan surat pengunduran diri ke KIP Banda Aceh,” kata Munawarsyah.

Dia juga mengingatkan terkait penggunaan akun media sosial untuk kampanye pasangan calon guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat kampanye. “Selain itu kami juga sudah mengirimkan surat kepada pasangan calon dan juga kami tembuskan ke Panwaslih, tentang penggunakan media sosial untuk kampanye pasangan calon,” tambahnya.

Munawarsyah turut mengingatkan kepada pasangan calon supaya segera melaporkan dana awal kampanye. “Kami ingatkan juga ada kewajiban untuk melaporkan dana awal kampanye, terakhir adalah satu hari sebelum dimulainya kampanye,” tegasnya.

Tidak hanya itu, diapun memberikan kesempatan kepada pasangan calon yang tidak memenuhi persyaratan jika ingin memperkarakan masalah tersebut. “Kepada pasangan calon yang tidak lulus verifikasi, diberikan kesempatan jika ingin mengajukan sengketa atau gugatan yaitu tiga hari sejak keputusan dibacakan, berarti hari ini terhitung sejak ditetapkan hingga Rabu, 26 Oktober 2016 nanti, punkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadhillah, pasangan calon Aminullah-Zainal dan Illiza-Farid serta Adnan Beuransyah.

Reporter | Hidayat Pulo

Komentar

News Feed