oleh

KPK Geledah Apartemen Model Steffy Burase

Jakarta-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan serangkaian penggeledahan di sejumlah lokasi atas kasus dugaan suap penyelewengan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang menjerat Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf.

Tempat-tempat yang digeladah, antara lain apartemen milik tenaga ahli kegiatan Aceh Marathon sekaligus model, Fenny Steffy Burase, di Setiabudi Residence; rumah salah satu kerabat Steffy, Farah, di Jalan Pangadegan Timur Raya, Jakarta Selatan; dan rumah milik pihak swasta, Sayuti.

“Kami mengingatkan agar pihak-pihak yang terkait dan berada di penggeledahan ini agar kooperatif dengan proses hukum,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta pada Kamis, 23 Agustus 2018.

Steffy Burase sudah beberapa kali diperiksa. Bahkan, namanya menjadi salah satu yang dicegah bepergian ke luar negeri oleh KPK.

KPK tengah mengembangkan kasus Irwandi ke masalah tindak pidana pencucian uang (TPPU). Hal ini karena sebagian dana suap yang diterima Irwandi dari Bupati Bener Meriah, Ahmadi, diduga, disamarkan untuk sejumlah kegiatan yang dikendalikan Steffy.Febri mengungkapkan pada pemeriksaan beberapa waktu lalu, kepada Steffy, KPK mendalami aliran dana suap dana Otonomi Khusus Aceh.

“Ada sejumlah catatan penerimaan dana yang kami klarifikasi secara rinci, baik yang terkait dengan Aceh Marathon ataupun hal lain yang kami pandang masih relevan dengan proses ini,” kata Febri.

Aliran dana suap itu, katanya, menjadi salah satu poin yang terus didalami oleh penyidik. Apalagi Dana Otonomi Khusus Aceh hanya berlaku untuk kegiatan pendidikan dan kesehatan.

“Aliran dana menjadi salah satu poin krusial yang menjadi perhatian KPK,” kata Febri.[]

(Sumber | VIVA.CO.ID)

Facebook Comments

Komentar

News Feed