full screen background image

KPK Serius Awasi Dana Desa, Illiza : Memimpin Periode Ini Semakin Berat

Share Button
Illiza

Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, pada pada rapat koordinasi dan supervisi pencegahan dan penindakan korupsi terintegrasi di Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh. FOTO | Ist

Banda Aceh-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipastikan telah serius mengawasi terhadap dana desa, ini lantaran disejumlah daerah telah ditemukan penyalahgunaan. Karena itu, Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, menyatakan memimpin di gampong (desa) pada periode ini menjadi semakin berat.

“KPK telah mengawasi dengan serius tentang dana desa, karena disejumlah daerah telah ditemukan penyalahgunaan. Kita berpesan agar aparatur gampong mengelola dana tersebut dengan sebaik mungkin,” ungkap Illiza, saat menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Husaini yang kembali terpilih menjadi Keuchik Gampong Peulanggahan untuk periode 2016-2022. Husaini dilantik oleh camat Kutaraja, Wahyudi STP, pada Rabu Malam, 3 Agustus 2016, di Masjid Teungku dianjong, Peulanggahan.

Dikatakan Illiza, kekompakan yang dibina Keuchik Husaini dengan elemen-elemen gampong dari periode lalu cukup baik dan ini harus tetap dipertahankan. Apalagi gampong ini merupakan salah satu gampong wilayah wisata sejarah. Jika gampong ini mampu dikembangkan lebih baik lagi, maka akan diikuti oleh gampong-gampong lain.

“Keuchik harus siap bekerja. Tidak boleh meleset dalam mengelola Dana Desa. Mulailah dengan sesuatu yang benar. Jika dijalani di atas rel maka tidak akan sulit,” ujar Illiza.

Illiza mengharapkan Husaini agar adil dalam memimpin. Lalu masyakarat juga diharapkan mendukung dan membantu kinerja Keuchik untuk kemajuan Gampong, juga kepada kandidat lainnya yang tidak menang dalam pemilihan. “Athi’ullah wa`athi`urasul wa ulil amri minkum. Taatilah Allah dan tatilah pemimpin diantara kamu. Jika tidak patuh pada pemimpin yang mengajak pada kebenaran, maka ia mengikuti jalan syaithan,” tegas Illiza.

Walikota juga mengamanahkan kepada Husaini untuk memimpin di jalan Allah. Ia memberi salah satu contoh dengan mengajak masyarakat untuk memenuhi mesjid saat salat berjamaah, dengan berjamaah di mesjid juga menjadi salah satu faktor terjalinnya kekompakan dalam masyarakat.

Illiza menganjurkan Keuchik agar melihat segala potensi atau SDM yang dimiliki oleh masyarakat Gampong Peulanggahan. Setelah potensi itu teridetifikasi, maka harus dimaksimalkan untuk pembangunan Gampong.

“Keuchik harus mengetahui kemampuan yang dimiliki masyarakat dan didata berapa dana yang dibutuhkan. Nanti dana bisa disalurkan dari dana desa maupun kecamatan atau kota,” ujarnya.

Di akhir pidatonya Illiza meminta Keuchik bersama masyarakat membangun gampong Peulanggahan dengan syariat Islam. Dengan hal tersebut, lanjutnya, maka Allah akan menjaga masyarakat dan pemimpinnya. Lalu ia berharap agar menjalankan kepemimpinan dengan uswatun hasanah sehingga akan menciptakan generasi-generasi dalam kebaikan.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM