oleh

Kue Setinggi 19 Meter Buatan Siswa SMK Pecahkan Rekor MURI

Makassar-Dalam festival pelajar se Sulawesi Selatan yang digelar di Anjungan Pantai Losari selama tiga hari berturut-turut mulai Jumat (14/10/2016) hingga Minggu (16/10/2016) berhasil memecahkan dua rekor MURI.

Pertama, pembuatan kue tradisional Makassar yang dikenal Bipang setinggi 19 meter. Kue raksana ini merupakan hasil karya siswa SMK asal Makassar yang diberi lampu hias.

Kue yang Bipang yang berbentuk gedung pencakar langit ini dibuat selama tiga hari oleh siswa SMK di Makassar yang dihiasi lampu ini menjadi perhatian ratusan pengunjung festival pelajar se Sulsel, Jumat (16/10/2016).

Rekor MURI lainnya yang ditoreh adalah tari multi etnis 24 jam nonstop. Tarian 24 jam nonstop ini diikuti penari terbanyak yakni 1.090. Torehan ini sekaligus menjadi salah satu sesi penutupan festival pelajar terbesar di Indonesia.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo saat menyerahkan sertifikat bersama perwakilan MURI mengaku bangga dengan prestasi tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo menyatakan apresiasi atas prestasi yang luar biasa itu. Menurut adik kandung Gubernur ini, tarian tanpa henti selama sehari semalam ini menandakan ketangguhan pelajar Sulsel.

“Ini tentu merupakan sebuah torehan yang sangat baik dan perlu didukung bersama,” katanya.

Selain memecahkan dua rekor MURI, festival  ini juga memamerkan kreativitas siswa SMK yakni merakit 1.003 laptop, temuan olahan limbah plastik jadi BBM, temuan sepeda motor jadi genset listrik, membuat mobil gokar ala Formula 1 (F1), ciptaan robot dan masih banyak lagi.

Pada penutupan festival, sebanyak 16.000 orang guru SMA/SMK mendapat diklat, pemberian beasiswa doktoral dengan siswa terbanyak SPP gratis dan pemberian insentif 3.700 guru mengaji di Sulsel.

SUMBER | KOMPAS.COM 

Komentar

News Feed