oleh

Lagu ”Aneuk Yatim” Hiasi Pelangi Kota Medan

Ilustrasi Pengamen. Foto | Kompasiana
Ilustrasi Pengamen. Foto | Kompasiana

Medan – Seorang pengamen jalanan kota Medan menghiasi perjalanan penumpang bus Pelangi tujuan Medan-Banda Aceh dengan menyanyikan lagu Aneuk Yatim. Hal itu sebagaimana disampaikan Putri, seorang warga Aceh yang menjadi penumpang bus tersebut kepada PENAPOST.COM, Senin, 30 Mei 2016.

Aneuk Yatim adalah sebuah lagu yang diciptakan dan dinyanyikan seorang penyanyi Aceh bernama Rafly atau yang lebih dikenal dengan sapaan Rafly Kande, ternyata tidak hanya dinyanyikan di Provinsi berjuluk Serambi Makkah saja, namun juga didendangkan oleh pengamen Kota Medan.

Menurut Putri, bertatapan dengan pengamen dalam bus di kota Medan merupakan hal biasa dijumpai, karena di provinsi tersebut para pengamen mendapatkan kebebasan untuk berkreasi dan menyalurkan bakatnya bernyanyi selama tidak mengganggu ketertiban umum.

Nyanyian lagu Aceh Aneuk Yatim membuat suasana di dalam bus tentunya menjadi menarik bagi anda yang berasal dari Aceh karena berkesempatan mendengarkan lantunan lagu ciptaan putra Aceh yang saat ini menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, dinyanyikan pengamen tidak bisa berbicara bahasa Aceh, tapi mampu menyanyikan lagu tersebut dengan baik meskipun tidak sampai selesai.

Putri, sebagai penumpang bus mengaku terhibur dengan lagu yang dibawakan pria tersebut. ”Yang buat menarik itu karena ada lagu Aceh, bang,” kata Putri.

”Setelah dia nyanyikan beberapa lagu, dia sambung dengan lagu Aceh, bagus juga bang walaupun tidak sampe selesai,” ungkapnya.

Sebagai orang Aceh, Putri mengaku bangga karena teryata ada juga lagu Aceh yang dinyanyikan pengamen jalanan di Medan.

”Sebagai orang Aceh bangga, bang. Kan keren lagu Aceh dihafal dan dinyayikan pengamen jalanan Medan,” ujarnya.

Reporter | Hidayat

Komentar

News Feed