oleh

Lamjabat Dicanangkan Gampong Ramah Anak

00
gampong-ramah-anak
Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, pada peresmian PAUD Tgk Chik Lamjabat. FOTO | IST

Banda Aceh-Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, mencanangkan Gampong Lamjabat, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, sebagai Gampong Ramah Anak. Pencanangan gampong ramah anak pertama di Aceh ini dirangkai dengan peresmian PAUD Tgk Chik Lamjabat.

Aminullah mengungkapkan pencanangan gampong ramah anak merupakan tindak lanjut dari penghargaan Kota Layak Anak Tahap Pratama yang diterima Banda Aceh dari pemerintah pusat beberapa waktu yang lalu.

“Kita harapkan gampong lamjabat ini akan menjadi pilot project bagi gampong-gampong lainnya yang ada di Banda Aceh. Harapan kita semua tentunya, pada saatnya nanti seluruh gampong di kota kita dapat menjadi gampong ramah anak, sebagai wujud dari Banda Aceh sebagai kota layak anak,” katanya.

Walikota menjelaskan, untuk menjamin seorang anak agar kehidupannya bisa berjalan dengan normal, maka negara telah memberikan payung hukum yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, yang kemudian diperbaharui dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

“Undang-undang ini memberikan tanggung jawab dan kewajiban kepada negara, pemerintah, masyarakat termasuk di dalamnya LSM-akademisi-pemerhati anak, keluarga dan orangtua atau wali dalam hal penyelenggaran perlindungan anak. Dalam undang-undang ini juga diatur mengenai ketentuan pidana bagi pelaku kejahatan terhadap anak. Dengan begitu, kasus-kasus kejahatan terhadap anak bisa diminimalisir,” terangnya.

Dalam proses tumbuh kembangnya, sambung Aminullah, anak juga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi agar bisa bertumbuh kembang secara optimal. “Kebutuhan tersebut bukan hanya terkait kebutuhan fisik, namun juga kebutuhan sosial dan psikologis, serta lingkungan yang mendukung berkembangnya semua potensi yang dimilikinya,” sambung dia.

“Semoga dengan kita canangkan Gampong Ramah Anak ini akan semakin memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak kita. Semua ini untuk mereka yang dalam waktu dekat akan menggantikan kita semua untuk berperan dalam kehidupan dan pembangunan kota ini,” pungkasnya.[]Redaksi

Komentar

News Feed