oleh

Lebaran Jadi Penyebab Kredit Macet Mobil dan Motor?

Jakarta-Isu kredit macet sering muncul pada masa-masa seperti ini. Terutama Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia untuk membeli kendaraan baru.

Pasalnya, hal tersebut terjadi lantaran mereka yang mengajukan kredit hanya mencicil khusus untuk pemakaian pada saat mudik. Setelahnya, cicilan dibiarkan terbengkalai.Isu ini pun ditanggapi oleh lembaga pembiayaan seperti Adira Finance. Mereka bahkan mengaku juga mengalami aksi-aksi semacam ini.

“Adira Finance kan memang sudah cukup lama ya. Kami punya pengalaman jelang Lebaran dan penanganan setelahnya. Memang risiko seperti itu ada. Namun kami memang lebih selektif dan lebih berhati-hati,” ujar Andy Sutanto – Head of Retail Motorcycle Financing Adira Finance.

Tren semacam itu, menurut dia, memang dari dulu sudah ada. Ia juga mengaku bahwa pihaknya pun kadang luput dari aksi-aksi semacam ini.

“Kalau dikatakan kecolongan, kecolongan juga ada. Namun kami kini lebih selektiflah. Soalnya bisa jadi orang pinjam KTP, pinjam nama. Ya kontrol kami juga lebih bagus,” ujarnya.

Lantas apakah ini akan berpengaruh besar sehingga menyebabkan kredit macet? Ia mengatakan bahwa potensi itu ada, tetapi tidak sebegitu berpengaruh.

“Efek ke kredit macet, ada potensi peningkatan itu tetapi tidak signifikan. Masih kecil ya. Masih di bawah 2 persen.” tegasnya lagi.[]

(Sumber | LIPUTAN6.COM)

Komentar

News Feed