full screen background image

Longsor Leupung, Minibus Sudah Bisa Melintas

Share Button
Longsor Banda Aceh-Meulaboh

Kondisi ruas jalan lintas Banda Aceh-Meulaboh yang tertutup longsor. (Foto | AJNN.NET

BANDA ACEH-Jalan Nasional Banda Aceh-Meulaboh yang tertutup material bebatuan akibat longsor tebing batu Gle Pulot di Kecamatan Leupung, Aceh Besar kini telah dapat dilalui kendaraan minibus. Sementara untuk kendaraan berukuran besar seperti truck belum dapat melintas lantaran material batu tersebut belum sepenuhnya dapat dievakuasi dari badan jalan.

“Baru kendaraan berukuran kecil yang sudah bisa melintas, sementara truk atau kendaraan berukuran besar belum,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ridwan Jamil kepada AJNN, Minggu (12/6) malam.

Menurut Ridwan, kemacetan mulai terurai Minggu malam sekira pukul 21.35 WIB setelah alat berat yang dikerahkan ke lokasi berhasil mengevakuasi sebahagian material di sisi jalan. Sementara untuk material batu yang berada di dekat tebing masih diupayakan agar dapat segera dibersihkan.

“Untuk material batu yang di dekat tebing ini ukurannya relatif besar sehingga butuh waktu relatif lama. Tapi Senin kami upayakan seluruh material sudah dievakuasi dari badan jalan,” kata Ridwan.

Dijelaskan, upaya evakuasi akan terus dilakukan hingga jalur menuju ke pesisir barat Aceh tersebut segera normal. Minggu malam, lanjut Ridwan pihaknya juga telah berkordinasi dengan TNI/Polri agar alat berat untuk memindah material batu dengan ukuran besar dapat membantu pembersihan jalan.

“Saat ini sudah ada beberapa alat berat, tapi untuk material batu yang besar kita memerlukan tambahan alat. Untuk pengendara harapan kami berhati-hati khususnya saat melewati jalur ini,” ujar Ridwan.

Seperti diberitakan ruas jalan yang menghubungkan Banda Aceh ke pesisir Barat Aceh, tidak dapat dilalui setelah material batu akibat longsornya tebing Gle Pulot menutupi ruas jalan tersebut Minggu (12/6), sekitar pukul 16.40 WIB.

Akibatnya ratusan kendaraan baik dari Banda Aceh ke Meulaboh maupun sebaliknya terjebak macet.

Sumber | AJNN.NET 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.