oleh

Makna Gong Xi Fa Chai Bukan Selamat Imlek, Tapi…

gong-xi-fa-chai
Shio Ayam. (ilustrasi) FOTO | BRILIO.NET 

[clickToTweet tweet=”Makna Gong Xi Fa Chai Bukan Selamat Imlek, Tapi…” quote=”Makna Gong Xi Fa Chai Bukan Selamat Imlek, Tapi…”][social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

TAHUN baru Imlek 2568 tiba. Imlek identik dengan sebuah ucapan Gong Xi Fa Chai. Apakah arti ucapan tersebut?

Dilansir dari situs www.gongxifatchoi.com, makna kalimat Gong Xi Fa Chai sebenarnya bukan Selamat Tahun Baru Imlek. Orang-orang kebanyakan masih salah dalam mengartikannya.

Kalimat Gong Xi Fa Chai yang benar memiliki arti “Selamat Sejahtera”. Sejarah singkat pemberian nama “Gong Xi Fa Chai” berawal dari kata “Gong Xi” yang memiliki arti selamat karena penduduk Tiongkok pada zaman dulu selamat dari binatang buas. Lalu kata “Fa Chai” memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang seiring perkembangan zaman semakin baik di tengah masyarakat Tionghoa. Sementara untuk ucapan “Selamat Tahun Baru Imlek” diucapkan dengan kata-kata “Xin Nian Kuai Le”.

Ucapan “Gong Xi Fa Chai” selain diucapkan oleh kalangan dewasa, diucapkan juga oleh anak-anak ketika sedang berkunjung. Anak-anak mengucapkan “Gong Xi Fa Chai” ditambah dengan ucapan “Hong Bao Na Lai” yang memiliki arti “Ang Pao ke Sini Dong!” Ucapan-ucapan seperti itu sudah tidak asing di kalangan warga Tionghoa.

Dalam sebuah ucapan pemaknaan lebih diperkenalkan lagi. Hal ini dilakukan agar tidak ada yang salah mengartikan sebuah makna dalam ucapan ketika Hari Raya Imlek.

SUMBER | PIKIRAN-RAKYAT.COM 

Komentar

News Feed