full screen background image

Ini Makna Kemerdekaan Menurut Irwandi Yusuf

Share Button
Irwandi Yusuf

Mantan gubernur Aceh periode 2007-2012, Irwandi Yusuf, saat melakukan salam komando dengan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin SH, pada upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Rabu 17 Agustus 2016, di lapangan Blang Padang, Kota Bnada Aceh. FOTO | Hidayat Pulo

Banda Aceh-Mantan gubernur Aceh periode 2007-2012, Irwandi Yusuf turut hadir pada upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Rabu, 17 Agustus 2016. Irwandi yang datang didampingi isterinya, Darwati A. Gani yang juga anggota DPR Aceh terlihat antusias mengikuti upacara pengibaran sang merah putih hingga selesai.

Lalu apa makna sebuah kemerdekaan menurut Irwandi Yusuf?

“Kemerdekaan itu adalah terbebas dari segala bentuk penjajahan, baik penjajahan yang dilakukan oleh bangsa luar maupun bangsa sendiri,” ujar Teungku Agam, sapaan akrab Irwandi Yusuf, kepada wartawan.

Menurutnya, kemerdekaan memang banyak arti, banyak orang dapat mengartikan kata merdeka sesuai persepsinya, merdeka bisa diartikan terbebas dari penjajahan, tapi ada juga yang memaknai kemerdekaan terbebas dari segala bentuk tekanan bagi rakyat.

“Kita jangan mau lagi ditipu, kalau ditipu oleh penjajah itu normal, tapi kalau ditipu oleh bangsa sendiri itu tidak normal,” sebut Irwandi.

Masih kata Irwandi, kemerdekaan itu sama dengan kandungan makna Pilkada halal. “Kemerdekaan itu seperti pilkada halal,” ungkapnya.

Pilkada Halal yang dimaksud dia yang juga bakal kembali maju pada pilkada 2017 nanti adalah pilkada yang tidak ada pelanggaran-pelanggaran, tidak ada pembunuhan, intimidasi, tidak ada teror, dan tidak ada suap menyuap.

Reporter | Hidayat Pulo

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM