full screen background image

Mana Lebih Baik, Mobil Bekas Showroom atau Perorangan?

Share Button
membeli-mobil

ilustrasi-Membeli mobil. FOTO | REPUBLIKA.CO.ID  

Mobil bekas merupakan pilihan alternatif yang dipilih oleh sebagian orang yang ingin memiliki mobil sebagai alat transportasinya. Mobil pribadi menjadi kebutuhan wajib untuk mereka yang sering melakukan mobilisasi mengingat banyak keuntungan yang ditawarkan dibanding kendaraan umum. Namun, banyaknya iklan mobil bekas membuat kita kesulitan dalam memilih. Baik showroom maupun perorangan sama-sama menawarkan mobil yang dibutuhkan.

Saat ini banyak showroom mobil bekas di sekitar kita memberi banyak pilihan. Tidak hanya itu, iklan-iklan dari individu yang menawarkan mobil bekas juga melimpah. Namun, mana yang paling baik bagi kita? Membeli mobil bekas melalui showroom atau melalui perorangan? Mari kita simak beberapa pertimbangan mengenai kedua hal ini agar dapat melakukan pembelian yang efektif mengingat keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing.

Membeli mobil dari perseorangan

Keuntungan membeli mobil dari perseorangan

1. Jujur mengenai kondisi mobil. Biasanya seseorang yang ingin menjual mobil nya mengetahui persis kondisi mobilnya mengingat dia sendiri yang melakukan perawatan. Jelas kondisi mobil selalu dalam kondisi prima mengingat hal ini berkaitan dengan keselamatannya dan keluarganya sendiri.

2. Harga yang relatif murah. Ketiadaan pihak perantara dalam jual beli mobil bekas ini merupakan keuntungan bagi kita mengingat harga yang ditawarkan juga akan lebih murah karena biaya perantara dihilangkan dalam jual beli mobil bekas di sini. Kita juga bisa menawar harga dan mendapatkan kesepakatan yang menarik.

3. Lokasi transaksi yang fleksibel. Jika lokasi berjauhan, penjual biasanya mau menemui pembeli mengingat penjual lah yang lebih menguntungkan. Dengan begini, kita bisa lebih hemat waktu dan biaya.

Kekurangan membeli mobil dari perseorangan

1. Tidak ada garansi. Ketika kesepakatan sudah dicapai. Tidak ada lagi protes mengenai mobil yang sudah kita beli. Dengan begini kita harus menanggung risiko sendiri saat ada kondisi mobil yang terlewatkan untuk diteliti.

Membeli mobil bekas dari showroom
• Keuntungan membeli mobil bekas dari showroom

1. Pilihan yang beragam. Sebuah showroom mobil bekas pastinya memiliki lebih dari satu mobil yang ditawarkan kepada calon konsumennya. Hal ini merupakan suatu poin plus bagi kita sebagai calon pembeli mengingat kita memiliki lebih dari satu pilihan. Selain dapat melihat langsung mobil incaran, kita juga dapat membandingkan bibit, bobot dan bebet dari satu mobil ke mobil lainnya seperti harga, interior, eksterior, performa dan lain-lain.

2. Kredit atau tunai. Showroom akan menawarkan dua metode pembayaran, yakni tunai dan kredit. Ini memudahkan kita untuk memilih mana yang paling baik bagi kondisi ekonomi kita. Jika tunai memberatkan tabungan kita, kredit bisa menjadi opsi yang bisa diambil.

3. Garansi. Beberapa showroom menawarkan garansi untuk meyakinkan calon kliennya. Hal ini membuktikan bahwa barang yang dijual benar-benar dalam kondisi seperti yang tertera dalam iklan. Hal ini juga merupakan keuntungan bagi kita mengingat kita tidak usah khawatir jika ada kondisi diluar kesepakatan yang memberatkan kita.

Kekurangan membeli mobil bekas dari showroom

1. Harga yang mahal. Meskipun mobil bekas lebih murah dari mobil baru, jika dibandingkan dengan membeli mobil dari perorangan, harga yang ditawarkan pastinya lebih mahal. Karena showroom mobil merupakan pihak distributor, harga yang ditawarkan pastinya lebih murah karena mereka mengambil keuntungan dari mobil yang mereka koleksi untuk showroomnya.

2. Lokasi yang terbatas. Kita harus mengunjungi showroom jika ingin melihat mobil bekas yang ditawarkan. Jika lokasi showroom jauh, kita memerlukan biaya dan waktu ekstra untuk menuju ke lokasi showroom. Mungkin tidak seberapa besar, namun jika tidak mendapat hasil yang kita harapkan, kita akan merasa kecewa.

3. Rawan intrik. Pihak marketing dari sebuah showroom akan berusaha keras untuk memikat pembelinya agar mendapat kesepakatan. Tidak jarang oknum nakal menghalalkan segala cara agar mobil bekasnya terjual. Inilah yang harus kita waspadai agar kita tidak mengalami kerugian. Kondisi mobil adalah hal yang paling sering dimanipulasi. Sebaiknya kita mengajak seseorang yang berpengalaman agar kita terhindar dari penipuan.

SUMBER | REPUBLIKA.CO.ID 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.