full screen background image

Marlina Usman Ajak Penggerak PKK Gayo Lues Bergerak Aktif

Share Button
Marlina Usman

Wakil ketua tim penggerak PKK Aceh, Hj. Marlina Usman bersilaturahmi dengan perangkat PKK Kabupaten dan desa di Gayo Lues serta menyerahkan bantuan kepada PKK gampong lesten kecamatan pining, Senin, 29/8. FOTO | Ist

Gayo Lues-Wakil ketua tim penggerak PKK Aceh, Hj. Marlina Usman melakukan silaturahmi dengan perangkat PKK Kabupaten dan desa di Gayo Lues serta menyerahkan bantuan kepada PKK gampong lesten kecamatan pining, Senin 29 Agustus 2016. Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak seluruh tim penggerak PKK Gayo Lues untuk dapat bergerak aktif membangun kerjasama dalam mengimplementasikan program PKK di daerah itu.

“Semua program PKK ini tentunya untuk kesejahteraan masyarakat. Mari sama-sama kita terlibat agar pembangunan di daerah ini menjadi semakin baik,” ajak wakil ketua tim penggerak PKK Aceh, Hj. Marlina Usman, yang juga istri wakil gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf,  melakukan silaturahmi dengan perangkat PKK Kabupaten dan desa di Gayo Lues .

Majunya suatu daerah, kata Marlina, ditentukan dari kualitas masyarakat. Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat mempunyai peran dalam penentuan karakter manusia yang berkualitas cerdas dan kreatif. “Karena itu program pembinaan keluarga sebagaimana cita-cita PKK harus dapat kita tingkatkan,” kata Marlina.

Dalam kunjungannya ke kabupaten berjuluk 1000 bukit ini, Marlina turut menyerahkan sejumlah bantuan dan memberikan pembinaan terhadap lima gampong di Kabupaten Gayo Lues. Kelima gampong tersebut yaitu gampong Uning Pune Kecamatan Putri Betong, Barang dan Porang dari Kecamatan Blangkeujeren, serta gampong Tetinggi dan Umelah dari Kecamatan Blang Pegayon.

Desa Uning Pune merupakan gampong teladan nasional. Sementara penghulu atau kepala gampong dinobatkan sebagai salah satu dari enam kepala gampong terbaik se-Indonesia yang langsung diumumkan oleh Presiden JokoWidodo saat menyampaikan nota keuangan 2016 dalam rapat paripurna masa sidang I DPR tahun 2015-2016 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta di hadapan 285 anggota DPR, serta anggota DPD, MPR, serta kepala desa yang mewakili 34 Provinsi di Indonesia.

Marlina Usman menyebutkan, program pokok PKK pada dasarnya untuk mendukung program pemerintah Aceh dalam hal penguatan kesejahteraan rakyat.Penguatan ini tidak hanya terkait pada ekonomi tapi juga aspek lain seperti kesehatan, pemberdayaan perempuan dan pendidikan anak serta hal lainnya seperti tertuang dalam 10 program pokok PKK.

Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh, kata Marlina juga telah melakukan serangkaian kegiatan lain di banyak gampong di seluruh Aceh. Misal saja program bedah rumah, bantuan terhadap lansia, serta posyandu terintegrasi.

Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Gayo Lues, Hj. Salamah, menyebutkan pemberian bantuan kepada PKK gampong lesten kecamatan pining merupakan bentuk kepedulian PKK terhadap gampong-gampong terpencil. Gampong ini berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kabupaten Gayo Lues, yang kondisinya masih tertinggal.

Jalan menuju kesana, lapor Salamah masih dalam tahap pembangunan. Dulunya, untuk menuju ke lesten haruslah menggunakan kenderaan jenis traktor pembajak. “Medannya sangat sulit.”

Gampong Lesten saat ini merupakan salah satu desa binaan PKK Kabupaten Gayo Lues. Tak hanya mendapat bantuan dari PKK provinsi Aceh, pemerintah saat ini terus melakukan pembangunan di Lesten sehingga gampong di kabupaten berjuluk 1000 bukit ini diharapkan bisa lepas dari keterisoliran.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM