oleh

Marquez Kembali Kuasai GP Jerman

SACHSENRING-Pembalap Respol Honda Marc Marquez kembali menjuarai Grand Prix (GP) pada musim ini. Marquez meraih kemenangan keempatnya pada musim ini di GP Jerman, Ahad (15/7). Ia berhasil mempertahankan peringkat pertama klasemen pembalap setelah menjuarai balapan di Sirkuit Sachsenring.

“Ini balapan yang sulit, saya berusaha mempertahankan posisi, ya jadi ini balapan yang cukup sulit, saya berusaha sampai akhir, saya tahu Valentino terus menghampiri,” kata Marquez, usai balapan, Ahad (15/7).

Posisi kedua ditempati oleh Valentino Rossi dan ketiga Maverick Vinales. Ducati yang tampil kuat di awal balapan gagal mendapatkan podium. Sementara, dua pembalap Yamaha berhasil naik podium di Jerman.

Marquez, Danilo Petrucci, Jorge Lorenzo, Vinales, Dovizioso, Rossi, Crutclow, dan Iannone berada di barisan terdepan saat start. Di putaran pertama, Alex Rins dan Pol Esparago yang tampil bagus di latihan bebas I dan II di Sancsenring justru mengalami kecelakaan.

Pada putaran kedua, Crutchlow menyalip Dovizioso di urutan keenam. Rossi dan Marquez berada di urutan keempat dan ketiga. Sementara, dua pembalap Ducati Lorenzo dan Dovizioso menyalip di peringkat pertama dan kedua.

Crutchlow menyalip Vinales dan menempati urutan kelima pada putaran kedua. Di putaran keempat, Vinales dan Dovizioso kesulitan untuk mempertahankan kecepatan. Ducati tampil dengan kuat di awal balapan ini, Vinales pun kesulitan mengejar Dovizioso.

Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Danilo Petrucci, Valentino Rossi, Cructlow, dan Dovizioso saling kejar mengejar di barisan depan pada putaran keenam. Marquez mengejar Lorenzo di putaran ketujuh, sementara Petrucci yang berusaha naik ke peringkat pertama justru sedikit keluar dari lintasan.

Pada putaran kedelapan, Bautista naik ke peringat kedelapan setelah menyalip Pedrosa. Marquez kembali berusaha memgejar Lorenzo pada putaran ke-11. Pembalap Respol Honda tersebut terus menempel di posisi kedua.

Pada putaran ke-17, Marquez berada di peringkat pertama disusul Rossi dan Lorenzo pada peringkat pertama dan kedua. Baris terdepan saling kejar mengejar. Pada putaran ke-19 jarak ketiga pembalap tersebut terus mengecil, sementara Petrucci dan Dovizioso masih menempel di urutan keempat dan kelima.

Pada putaran ke-20, Bautista menyalip Dovizioso di urutan keempat. Sementara, Rossi dan Lorenzo masih mencari celah untuk bisa menyusul Marquez. Dua pembalap Ducati yang sebelumnya memimpin balapan di putaran-putaran awal justru semakin tertinggal di urutan ketiga dan enam.

Di lap ke-22, Vinales sempat berusaha menyalip Dovizioso tapi tidak berselang lama posisinya kembali direbut oleh pembalap Ducati. Marquez semakin kuat di depan, posisinya di urutan pertama masih tidak tergoyahkan di putaran ke-23.

Sampai putaran ke-24, tidak ada perubahan yang berarti di barisan terdepan. Tapi Danilo Petrucci masih berjuang keras untuk bisa menyalip Lorenzo yang berada di depannya. Di beberapa tikungan Petrucci berusaha untuk mengejar pembalap asal Italia tersebut.

Tapi Lorenzo dapat menutup jalurnya dengan sangat baik. Di putaran ke-25, akhirnya Petrucci berhasil menyalip Lorenzo. Incaran selanjutnya pun Valentino Rossi yang masih berusaha mengejar Marquez.

Adapun Lorenzo tersingkir ke urutan kelima setelah Vinales juga berhasil menyalipnya. Di sisa empat putaran lagi barisan depan masih kejar mengejar. Marquez yang biasanya dapat menjauhi lawan-lawannya setelah berada di urutan pertama di Jerman kali ini harus berjuang mempertahankan posisinya.

Pada putaran ke-28, Marquez, Rossi, dan Petrucci masih memimpin jalannya balapan. Tapi Vinales terus menempel di urutan keempat. Pada putaran ini akhirnya Vinales berhasil menyalip Petrucci.

Pada putaran terakhir Petrucci masih terus berusaha kembali mendapatkan posisinya di peringkat ketiga. Sampai akhir balapan, posisi Marquez di urutan pertama tidak tergantikan. Sang juara bertahan tersebut disusul oleh Rossi, Vinales, Petrucci, Bautista, Lorenzo, Dovizioso, Pedrosa, dan Johann Zarco.[]

(Sumber | REPUBLIKA.CO.ID)

Komentar

News Feed