full screen background image

Menpar Arief Yahya: Kita Ingin Promosikan Danau Toba Mendunia

Share Button
Menpar Arief

Menteri Pariwisata, Arief Yahya. FOTO | RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID 

Parapat-Kawasan wisata Danau Toba, Parapat, Sumatera Utara, terpilih menjadi lokasi puncak perayaan HUT ke 71 Republik Indonesia. Perayaan ini kali kedua digelar pemerintah setelah tahun sebelumnya dilangsungkan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menjelaskan alasan dipilihnya kawasan Danau Toba yang di keliling tujuh kabupaten.

“Kenapa Danau Toba, jadi sebelumnya ini merupakan kegiatan gabungan antara memeriahkan Hari Kemerdekaan kita sekaligus mempromosikan Danau Toba. Karena Danau Toba masuk dalam prioritas pengembangan destinasi pariwisata nasional. Bahkan untuk Danau Toba telah terbentuk badan otoritas Danau Toba, di luar 9 destinasi lainnya,” kata Arief dalam jumpa pers di Inna Hotel Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (20/8).

Alasan lainnya, kata Arief, ingin mengenalkan kawasan wisata Danau Toba ke tingkat dunia. “Seperti diketahui, Danau Toba adalah Danau terbesar kedua di dunia, dan danau vulkanik terbesar pertama di dunia,” sambungnya.

“Bahkan Pulau Samosir ini luasnya sebesar Singapura, danau terdalam di dunia yang letusan terakhirnya 75.000 tahun lalu. Itulah yang membuat Danau Toba mampu bersaing dengan wisata tingkat dunia.”

Mewujudkan Danau Toba menjadi wisata dunia, tambahnya, telah dibuka sejumlah akses yang mempermudah wisatawan datang. Seperti Bandara Silangit Siborong-borong, pengembangan jalur outer ringroad dari Kualanamu, serta sejumlah resort.

“Saat ini telah dibuka flight ke Silangit, dengan jumlah yang datang 15.000 per bulan, dan setahun diperkirakan bisa mencapai 180.000 dari target kita 150.000,” bebernya.

“Kita juga tengah menyiapkan lahan seluas 600 ha untuk dijadikan resort, lokasinya dekat Bandara Sibisa dekat Toba Samosir. Nantinya akan dibangun ekotourism,” tambah Arief.

Dipastikannya kembali, pemilihan Danau Toba karena jauh sebelum kegiatan ini sudah menjadi ikon wisata di Sumatera Utara. Namun secara keseluruhan, katanya, kegiatan ini untuk membangun Sumatera Utara.

“Makanya kita jangan lihat terputus-putus. Jadi buat saya semua daerah sama, saya ingin Danau Toba terintegrasi,” pungkasnya.

Sumber | MERDEKA.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM