full screen background image

Menpar dan Gubernur Tinjau Lokasi Sail Sabang

Share Button
sail_sabang

Menteri Pariwisata Arif Yahya bersama Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, pada rapat koordinasi persiapan Sail Sabang 2017, di Balaikota setempat, Selasa, 21 November 2017.FOTO | IST

Sabang-Menteri Pariwisata Arif Yahya bersama Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, meninjau lokasi acara Sail Sabang, tepatnya di pelabuhan CT-3 milik BPKS Sabang, Selasa, 21 November 2017.

Selain meninjau lokasi acara, Menpar Arif dan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Sail Sabang 2017, di Balaikota Sabang.Rapat tersebut dipimpin Menteri Arif.Dalam kesempatan itu lebih banyak dibahas kesiapan pra dan paskaacara. “Presiden menginginkan agar nantinya seusai Sail, apa impact yang diterima masyarakat,” kata Menteri Arif.

Sail Sabang yang akan berlangsung nantinya akan dibuka Presiden Joko Widodo, dimana akan ada 300 penari yang membawakan tari kolosal pada pembukaannya. Para penari asli Aceh itu, akan mementaskan tari kolosal bertema kepahlawanan, dengan sosok sentral Keumalahayati.

Malahayati sendiri adalah pahlawan nasional perempuan asal Aceh, yang dikenal sebagai pimpinan maritim dalam perjuangan melawan penjajah Belanda.

Sementara itu, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan bahwa tari tradisional Aceh dan Indonesia pada umumnya dimainkan tanpa mengenakan alas kaki. Hal itu diamini pula oleh Menpar dan panitia acara.Namun demikian, kata Irwandi, ia meminta agar panitia bisa memastikan semua penari mengenakan alas kaki saat pertunjukan nantinya. Meski tarian hanya berlangsung 10 menit, namun kondisi semen pelabuhan yang panas sangat menyiksa kaki, jika para penari dipaksakan menari bertelanjang kaki.

“Kasih mereka sepatu tipis yang biasa dipakai penari balet. Panas ini kalau mereka nggak pakai sepatu,” kata Irwandi.

Panitia memastikan untuk memenuhi permintaan gubernur. Dalam pekan ini, semua penari akan dibekali dengan sepatu sebagai pendukung tarian.[]

 Reporter | Hendra S
Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.