oleh

Meriahnya Welcome Dinner Apeksi di Balai Kota Banda Aceh

Share Button
Raker Apeksi
Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal (kanan), saat menerima cindera mata kepada salah seorang peserta Raker Komwil I Apeksi yang digelar di halaman Balai Kota Banda Aceh, Selasa, 24 Mei 2016. (Foto | Ist)

Banda Aceh-Rangkaian acara welcome dinner untuk menyambut 201 (sebelumnya tertulis 217-red) peserta Raker Komwil I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang digelar di halaman Balai Kota Banda Aceh berlangsung meriah, Selasa (24/5/2016).

Sambil menyantap beragam menu khas Aceh yang yang dihidangkan, delegasi dari ke-24 kota anggota Komwil I Apeksi dihibur dengan penampilan seni dan budaya dari tim kesenian Kota Padang dan Banda Aceh. Wali Kota Padang Mahyeldi bersama istri pun ikut menyanyikan sebuah lagu Minang di atas panggung utama.

Baca juga : Peserta Raker Apeksi Tiba di Banda Aceh 

Tak ketinggalan, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal juga menembangkan sebuah lagu Aceh berjudul ‘Seulanga’ untuk menghibur para tamu yang hadir.

Sebelumnya, Dandim 0101/BS Riswanto dan Kajari Banda Aceh Husni Thamrin berduet menyanyikan ‘Sai Anju Ma Au’-sebuah lagu Batak yang cukup popular di Aceh.

Ketua panita M Nurdin menyebutkan kegiatan Raker Komwil I Apeksi di Banda Aceh kali ini diikuti oleh 24 kota atau seluruh anggota Komwil I Apeksi.

“Peserta Raker Komwil I Apeksi seluruhnya berjumlah 201 orang yang terdiri dari 8 wali kota, 10 wakil wali kota, 6 istri wali kota/wakil wali kota, 3 Sekda, 19 Asisten, 28 Pejabat Eselon II, 37 Pejabat Eselon III dan 90 staf pendamping,” sebut M Nurdin.

Masih kata dia, rangkaian pelaksanaan Raker Komwil I Apeksi akan berlangsung selama lebih kurang tiga hari yaitu dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2016.

“Kegiatan utama Raker Komwil I Apeksi akan berlangsung Rabu (25/5/) yang akan diawali dengan pelaksanaan seminar nasional di Hermes Palace Hotel,” katanya lagi.

Menurut dia, seminar yang membahas beberapa topik terkait isu-isu aktual implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan kebijakan Inovasi Pemerintah Daerah ini menghadirkan Kepala LAN-RI Adi Suryatno, dan Suhajar Diantoro selaku Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan.

“Seminar juga diisi dengan pemaparan best practice oleh Wali Kota Banda Aceh dan Kota Padang,” tuturnya.

Seminar tersebut, sambungnya, diharapkan dapat menjadi masukan bagi para anggota Komwil I Apeksi dalam melaksanakan kegiatan diskusi dan perumusan laporan rekomendasi dalam rapat kerja dan Penyusunan Program Kerja Apeksi.

“Laporan rekomendasi tersebut kemudian akan dibawa menjadi masukan bagi pelaksanaan Rakernas Apeksi yang akan datang di Kota Jambi,” sambung M Nurdin.

Ia menambahkan, raker Komwil I Apeksi juga dirangkai dengan kegiatan Ladies Program yang dilaksanakan di Pendopo Wali Kota pada 25 Mei 2016.

“Acara ini akan ditutup dengan kegiatan City Tour pada hari Kamis 26 Mei 2016,” pungkas Nurdin yang juga menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh ini.

Harus Kompak

Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal dalam sambutanya menyebutkan, dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Raker Komwil I Apeksi 2016, menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Pemko Banda Aceh.

“Selamat datang ke kota kami, semoga anda semua mendapat kesan dan pengalaman yang baik selama berada di sini. Kami berharap melalui aktivitas Raker ini, tentunya selain merumuskan laporan rekomendasi yang akan kita bawa ke Rakernas Apeksi, setiap peserta dari luar kota dapat meng-explore keunikan Banda Aceh dan menyimpannya sebagai kenangan yang baik dan bermanfaat,” sebut Illiza penuh harapan.

Pada kesempatan itu, Illiza juga mendorong seluruh pemerintah kota anggota Komwil I Apeksi agar terlibat aktif pada Rakernas Apeksi di Jambi mendatang.

“Kita harus mencalonkan Ketua Apeksi dari Komwil I. Sumatera harus kompak agar tidak dinomorduakan, kalau kita kompak pasti kita diprioritaskan,” katanya disambut applause hadirin.

Sejumlah wali kota yang hadir malam itu antara lain Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga menjabat Ketua Komwil I Apeksi, Wali Kota Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Padang Sidempuan, Gunung Sitoli, Pariaman, dan Wali Kota Bukit Tinggi. Juga turut hadir sejumlah wakil wali kota, sekretaris daerah, dan para pejabat dari 24 pemerintah kota se-Sumatera.

Reporter | Zusdia Rahmi

Facebook Comments

Komentar

News Feed