oleh

Meski Bisa Dilalui, Ini Himbauan Kalak BPBA Aceh

Banda Aceh-Hujan yang mengguyur dan mengancam membuat kawasan pegunungan Geurutee dan Kulu mengalami longsor.Kondisi ini dikhawatirkan rawan keselamatan bagi pemudik Idul Adha 1439 Hijriah yang melintas disana.

Itu sebabnya,  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh,  Teuku Ahmad Dadek, menyerukan masyarakat untuk menunda keberangkatan via pegunungan  Geurutee dan Kulu pada Selasa 21 Agustus 2018 malam ini.

“Kulu dan gurete bisa dilewati malam ini, namun kepada pemudik yang akan berangkat malam ini mohon ditunda dulu karena hujan masih terjadi kondisi malam sangat rawan bagi keselamatan apalagi sedang hujan, ” tulis Teuku Ahmad Dadek, seperti dikutip dari laman Facebook miliknya sore tadi.

Dalam postingannya itu, badan jalan di puncak Geurutee longsor hingga menyebabkan sebuah warung nyaris ambruk.Bukan hanya itu, konidisi jalan licin dan dikhawatirkan keselamatan masyarakat yang melintas di sepanjang kawasan itu.

Sebuah warung di puncak gunung Geurutee nyaris ambruk akibat longsor.(FOTO | DOK.PRIBADI T SYAHLUNA POLEM)

Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  Aceh Barat,  Teuku Syahluna Polem,  juga memposting peristiwa longsor di lokasi tersebut melalui media sosial Facebook.”As wr wb … Hati hati bagi warga yg ingin mudik lebaran Idul Adha berhubung musim hujan dan jalan licin .. dan di puncak geurute dan beberapa ruas jln lain terjadi lonsor.Hati hati bagi pemudik hujan deras serta jln licin .. ingat ada keluarga yg menunggu..,” tulisnya mengingatkan.

Taufik, salah seorang warga dari Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan, kepada media ini mengatakan, hujan deras mengguyur hingga ke Leupung, Aceh Besar.Ia bahkan mengaku badan jalan dipenuhi air.

“Air berasal dari gunung mengalir ke badan jalan, perlu ke hati-hatian untuk melintas di lokasi ini.Alhamdulillah saya dan keluarga selamat dan sampai di Kota Banda Aceh,” kata Taufik.[]

(Editor | Suandris Zetha)

Komentar

News Feed