full screen background image

MTU Disdik Aceh Disiagakan di Aceh Timur, Ada Apa?

Share Button
Mobile Training Unit

Tampak Mobile Training Unit (MTU) Dinas Pendidikan Aceh. FOTO | HIDAYAT PULO

Aceh Timur-Dinas Pendidikan Aceh mengerahkan Mobile Training Unit (MTU) ke Kabupaten Aceh Timur. Kenderaan berukuran besar itu untuk memfasilitasi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Julok. Prosesi praktik berlangsung selama 15 hari yang berstandar nasional maupun internasional.

Pengelola teknis Dinas Pendidikan Aceh, Sulaiman, menyampaikan, masing-masing Mobile Training Unit (MTU) dibantu oleh tenaga instruktur berkaliber nasional maupun internasional sesuai bidang keahliannya. Dalam pelaksanaan di Kabupaten Aceh Timur, kegiatan tersebut dibuka kepala dinas pendidikan Aceh Timur, dalam hal ini diwakili Kepala UPTD Pendidikan Julok, Aceh Timur, Abdulrazak. S.pd, pada Selasa, 30 Agustus 2016. Kegiatan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan praktik bagi siswa dan masyarakat di daerah itu.

“Pelajar yang mendapat pelatihan akan memperoleh keterampilan sampai tuntas, khususnya keterampilan kendaraan ringan, sepeda motor, motor temple dan pengelasan. Operasional MTU 3 ini berbarengan dengan operasional MTU 2 yang berpangkalan selama 15 hari ini di SMK N 1 Simpang Ulim,” ujar Sulaiman.

Kata dia, dalam kesempatan itu pihaknya menurunkan sebanyak tiga unit MTU yang menyasar diwilayah Timur Aceh. MTU 1 memiliki berbagai perangkat praktik teknik sipil meliputi, kerja kayu, kerja batu, pemipaan, perabot dan gambar bangunan, saat ini berpangkalan di SMK N 4 Lhokseumawe.

Sementara MTU 2, kata dia lagi, saat ini berpangkalan di SMK N 1 Simpang Ulim, Aceh Timur dengan mengusung perangkat praktik teknologi informasi, komunikasi dan elektronika, serta MTU 3 mengusung perangkat teknik permesinan kendaraan ringan dan sejenis, saat ini berpangkalan di SMK N 1 Julok, Aceh Timur.

Atas kegiatan tersebut, ketua MKKS SMK Aceh, T. Miftahuddin mengapresiasi kegiatan tersebut lantaran MTU diberikan bagi SMK yang belum lengkap sarananya. “Ini sudah tepat sasarannya,” tulis Miftah melalui saluran WhatshAAP (WA) forum MKKS Aceh.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe, Drs. Rusli, MM. Menurutnya, keberadaan MTU sangat membantu sekolah-sekolah kejuruan yang masih minim perangkat praktiknya. Hal inidisampaikan Rusli saat membuka secara resmi operasional MTU di SMK N 4 Kota Lhokseumawe.

Reporter | Hidayat Pulo

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM