oleh

Mualem : Bangun Dapur Sehat agar Gizi Santri Tercukupi

mualem
Wakil Gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem. FOTO | RAKANMUALEM.COM

Lamno-Pimpinan dayah di sepanjang pantai barat selatan Aceh berdiskusi dengan Wakil Gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem. Pertemuan tersebut berlangsung di Dayah Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah (Budi) Mesja Indra Jaya, Lamno Aceh Jaya, Minggu, 2 Oktober 2016.

Pertemuan yang dirangkai dengan agenda silaturahmi itu terkait pembangunan dapur sehat yang direncanakan untuk dibangun di dayah-dayah atau pasantren di Aceh. Pembangunan dapur sehat yang sesuai dengan standar Dinas Kesehatan dilakukan agar para santri bisa fokus dalam belajar, dengan ditunjang gizi yang cukup pula.

Mualem meminta agar seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kota di seluruh Aceh bisa menerapkan pemanfaatan dapur sehat, sehingga santri bisa lebih fokus dalam belajar tanpa harus berpikir tentang makanan yang bergizi.

Pemerintah Aceh, kata Mualem, akan mendukung sepenuhnya sehingga proses nantinya akan lahir generasi Aceh yang secara fisik punya kesehatan dan gizi yang cukup, dan segi keilmuan berjiwa cerdas.

“Ide ini harus bisa diterapkan di seluruh dayah di Aceh sehingga santri-santri bisa lebih fokus menuntut ilmu,” ujar Mualem saat bersilaturahmi dengan ulama dayah di Dayah Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah (Budi) Mesja Indra Jaya, Lamno Aceh Jaya, Minggu (02/10). “Bangun Dapur Sehat agar Gizi Santri Tercukupi,” ujar Mualem.

Pembangunan dapur sehat telah ditetapkan di beberapa dayah seperti Dayah al-Muhajirin di Kuta Baro Aceh Besar. Menu yang disajikan di sana disajikan berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan.

Tengku Faisal Amin, Pimpinan Yayasan Dayah al-Muhajirin menyebutkan para santri dalam belajar butuh gizi yang cukup sehingga penyerapan ilmu dalam belajar lebih maksimal. Teungku Faisal mengatakan di badan yang sehat, ada pikiran yang sehat pula.

Reporter | Rizal JP

Komentar

News Feed