oleh

Mutu Pendidikan Bukan Terjadi Dengan Sendiri, Tapi…

Banda Aceh-Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, mengatakan mutu pendidikan bukan sesuatu yang terjadi dengan sendiri, akan tetapi merupakan hasil dari proses belajar-mengajar antara guru dan siswa.

“Jika pembelajarannya baik, efektif dan efisien, maka mutu pendidikan yang bagus akan diperolehnya,” ujar Syaridin, Minggu, 30 September 2018, dalam sebuah kesempatan di Banda Aceh.

Dikatakan, Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan Pemerintah setiap tahunnya, sebagai ajang untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan yang hasilnya menjadi cerminan dari proses pembelajaran di satuan pendidikan.

Itu sebabnya, pihaknya selaku pemangku kepentingan di bidang pendidikan, menyatakan komitmen untuk meningkatkan hasil UN pada 2019 mendatang. “Hasil Ujian Nasional itu dapat dijadikan sebagai pemetaan mutu pendidikan pada satuan pendidikan, dalam bentuk permasalahan dan kendala dalam proses pembelajaran, serta menjadi pertimbangan seleksi masuk pada jenjang berikutnya,” ujarnya.

Ia juga mmengatakan, hasil UN tersebut juga menjadi perhatian pihaknya sebagai dasar pembinaan yang akan dilakukan serta pemberian bantuan pendidikan bagi satuan pendidikan dalam rangka pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di Aceh.

Kadisdik Aceh meminta kepada para guru untuk dapat meningkatkan kualitas mengajarnya, jika tidak maka hasil UN yang akan diperoleh nantinya masih tidak akan berubah kedepan.

Bahkan, menurut dia, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru baik di tingkat kabupaten maupun provinsi melalui pelatihan dan pembinaan kepada para guru.

“Mulai tahun 2018 Aceh sudah melaksanakan UNBK 100 persen, untuk jenjang SMA/SMK yang berjalan lancar dan memiliki integritas yang memuaskan, hal itu dapat dilihat dari SNMPTN 2018 Aceh mendapat progres tertinggi dalam penerimaan di PTN,” katanya lagi.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed