full screen background image

Nelayan Lhok Krueng Aceh Terima Lampu Tenaga Surya

Share Button
tenaga surya

ilustrasi-Pada negara berkembang yang kesulitan akses listrik, teknologi tenaga surya di lembar plastik siap-cetak bisa menjadi solusi masa depan/Foto | LIPUTAN6.COM

Banda Aceh-Nelayan wilayah Lhok Krueng Aceh, Kota Banda Aceh, menerima bantuan alat operasional berupa 50 unit lampu tenaga surya. Bantuan tersebut diserahkan Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa`aduddin Djamal SE, Selasa, 3 Mei 2016, di Kantor Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian (DKPP) setempat.

Dalam kesempatan ini Illiza mengatakan pada waktu dekat akan dilakukan kerjasama dengan pihak lain dalam program pengolahan ikan. Oleh karena itu ia meminta Kepala DKPP Banda Aceh untuk segera mengeluarkan SK kepada Panglima Laot untuk mensinergikan program-program yang sudah direncanakan.

“Panglima Laot merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menata kegiatan nelayan,” ungkap Illiza.

Illiza mengharapkan kepala DKPP Banda Aceh untuk lebih sering turun ke lapangan memantau dan berdiskusi langsung dengan nelayan. Dengan hal tersebut, tambahnya, ke depan harus bisa melahirkan tenaga kerja yang handal dan bisa menampung tenaga kerja yang banyak. Ia juga berharap untuk disediakan berbagai fasilitas kepada nelayan seperti tempat ibadah.

“Jangan sampai nelayan meninggalkan shalat karena tidak ada musalla. Ini merupakan kebutuhan dasar,” imbuh Illiza.

Untuk melahirkan terobosan baru dan memanfaatkan teknologi, Walikota menghimbau DKPP untuk merangkul pihak kampus seperti Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

“Dengan adanya kajian dan pertemuan rutin maka akan lahir terobosan-terobosan baru ke depan. Kepala dinas harus membangun komunikasi, sosialisasi, dan aplikasi,” tutup Illiza.

Reporter | Hidayat

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.