full screen background image

[O2SN 2016] Pelajar Asal Aceh Kembali Raih Prestasi Tingkat Nasional

Share Button
Atlet Aceh

Lima pelajar jenjang SMA sederajad asal Aceh kembali mengharumkan nama provinsi paling barat Indonesia di kancah nasional pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang dihelat sejak 25-29 Juli 2016, di Jakarta. FOTO | FACEBOOK.COM/TEUKU MIFTA 

Banda Aceh-Lima pelajar jenjang SMA sederajad asal Aceh kembali mengharumkan nama provinsi paling barat Indonesia di kancah nasional pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang dihelat sejak 25-29 Juli 2016, di Jakarta. Pada tahun ini, prestasi provinsi Aceh meningkat dibandingkan tahun 2015 lalu.

“Setelah kita melakukan pembinaan dengan maksimal terhadap atlet di tingkat Kabupaten/Kota dan provinsi, akhirnya mereka (atlit) berhasil mengukir prestasi dengan gemilang. Ini juga sejalan yang diharapkan semua pihak dan perlu kita apresiasi,” ujar Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Aceh, Dr. Asbaruddin, atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Hasanuddin Darjo, MM, Sabtu (30/07), saat menerima kepulangan atlit asal Aceh yang mendarat via Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar.

Kata dia, Aceh sudah saatnya untuk terus bangkit dan melahirkan atlet-atlet berprestasi dari berbagai event yang diselenggarakan baik tingkat nasional maupun internasional. Karena itu pihaknya bertekad kedepan untuk meningkatkan pelatihan keolahragaan di sekolah-sekolah.

“Tentunya harus kita persiapkan pelatih-pelatih yang berkualitas. Sehingga, atlet yang dilatih juga akan berkualitas. Alhamdulillah, pada tahun ini setelah melalui pembinaan secara maksimal prestasi provinsi Aceh telah meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Dr. Asbaruddin.

Atas prestasi yang telah diraih pelajar tersebut, katanya lagi, pada tanggal 6 Agustus ini pihaknya akan membawa atlet berprestasi maupun yang mendapatkan tiket untuk mengikuti lomba ditingkat nasional, guna diberangkatkan ke Gorontalo dalam rangka siswa mengenal wisata nusantara selama dua minggu.

“Ini kita lakukan dalam rangka memperkenalkan wisata nusantara kepada atlet,” ucapnya.

Official pelatih tenis meja, Mulyono, yang turut mendampingi atlet asal Aceh ke O2SN Nasional di Jakarta, menjelaskan, para atlet yang berlaga di kancah nasional itu merupakan atlet berprestasi dari Kabupaten/Kota dan dilakukan pembinaan ditingkat provinsi.

“Sebenarnya untuk proses pembinaan atlet membutuhkan waktu sampai satu bulan, sehingga kualitas atlet juga akan lebih baik lagi. Karena itu, kita harapkan kedepan benar-benar dapat diberikan waktu pembinaan yang cukup,” ucapnya.

Berikut ini juara pada O2SN tingkat nasional 2016 :
1. Fatahillah asal sekolah SMA Negeri 1 Idi Aceh Timur Cabang Olahraga Atletik (Emas)
2. Rizki Arianda S asal sekolah SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh Cabang Olahraga Atletik (Perak)
3. Alfina Siska asal sekolah SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh Cabang Olahraga Pencak Silat (Perak)
4. Ismalia Aleyda Putri asal sekolah SMA Negeri 1 Kota Sabang Cabang Olahraga Karate (Perunggu)
5. Fikri Haikal asal sekolah SMK Negeri 1 Tanah Luas Aceh Utara Cabang Olahraga Atletik (Perunggu)

Reporter | Adi Doles

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM