oleh

Patahkan Kulam FC, Darul Ulum Juara Kutaraja Cup II

00
Kutaraja Cup
Darul Ulum FC berhasil keluar sebagi juara pada turnamen sepakbola Kutaraja Cup II setelah berhasil mematahkan perlawanan Kulam FC di partai final, Selasa, 11 Oktober 2016, di lapangan Sepakbola Peulanggahan, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh. FOTO | Ist

Banda Aceh-Darul Ulum FC berhasil keluar sebagi juara pada turnamen sepakbola Kutaraja Cup II setelah berhasil mematahkan perlawanan Kulam FC di partai final, Selasa, 11 Oktober 2016, di lapangan Sepakbola Peulanggahan, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh.

Namun kemenangan Darul Ulum tidak diraih dengan mudah karena Kulam FC memberi perlawanan sengit. Dalam waktu normal kedua tim bermain imbang 2-2 dan pemenang harus ditentukan lewat adu pinalti. Penendang terakhir Kulam, Isra (Abenk) gagal melaksanakan tugasnya dan membuat skor adu pinalti 3-2 untuk kemenangan Nanda Lubis Cs.

Bermaterikan Dian Nurdiansyah dibawah mistar, Mahfud, Mora Andika, Ramadhana, Efendi, Maretha Uqbah, Muarrir, Jessi Gunawan, Dian Ardiansyah, Irfan Yasin dan El-Capitano Nanda Lubis, Darul Ulum yang diarsiteki Azhari unggul duluan saat lagi memasuki menit ke 18 lewat hentakan Irfan Yasin.

Tidak puas unggul satu gol, Jessi Gunawan kembali memperlebar jarak menjadi 2-0 tiga menit usai jeda turun minum.

Kulam coba membalas disisa laga babak pertama, namun usaha Isra, Ikhwan dan Asrul dilini depan Kulam belum maksimal karena ketatnya pengawalan dari Mora Andika Cs.

Upaya untuk membalas kembali dilanjutkan squad asuhan Dedek Pelak saat laga babak kedua berlangsung. Adoy, Syahril Wanda, Mursal, Irfan, Khunaifi, Arif, Khunaifi, Ikhwan, Isra dan Asrul bermain menyerang dan terus berusaha menekan.

Hasilnya, dimenit 54, Isra berhasil menipiskan ketinggalan lewat titik pinlati setelah Syahril Wanda dilanggar Dian Ardiyansyah di kotak pinalti. Berhasil mencuri gol membuat Kulam FC tambah semangat dan kembali meningkatkan tensi serangan. Sementara Darul Ulum tidak bisa mengembangkan permainan karena terus mendapat tekanan.

Akhirnya gol penyeimbang terjadi jelang babak kedua selesai. Adalah gol bunuh diri Mahfud yang membuat kedudukan menjadi 2-2 dan pemenang terpaksa ditentukan lewat adu pinalti. Akhirnya Darul Ulum menang setelah tiga algojonya berhasil menaklukkan kiper Kulam, Azhari. Sedangkan Kulam hanya mampu menceploskan dua gol di babak tia-tosan.

Dengan hasil ini, Darul Ulum berhak memboyong piala bergilir dan piala tetap yang diberikan Camat Kutaraja, Wahyudi S Stp. Anak asuh Azhari juga berhak membawa pulang unag pembinaan sebesar Rp. 15 juta.

Juara dua, Kulam mendapatkan trophy plus uangbpembinaan sebesar Rp. 10 juta. PSKS Keudah dan PSKB Kampung Baru berhak mendapatkan trophy plus uang pembinaan sebesar Rp. 2,5 juta sebagai juara tiga dan empat.

Camat Kutaraja, Wahyudi S Stp menilai turnamen ini berjalan sukses dan mendapatkan antusiasme masyarakat pecinta sepakbola yang begitu tinggi. Ini ditandai dari banyaknya masyarakat yang datang menyaksikan perndingan setiap harinya.

“Turnamen ini sudah dua tahun kita gelar, antusias masyarakat sangat tinggi,” ujar Wahudi dalam arahannya saat seremoni penutupan.

Kata Wahyudi, turnamen ini selain memberi ruang untuk menunjukkan kemampuan pemain-pemain di Banda Aceh, juga sebagai ajang melahirkan talenta-talenta muda sepakbola yang kemudian dapat mengharumkan nama Banda Aceh di ajang yang lebih besar.

Turnamen Kutaraja Cup II, sebut dia, telah diikuti oleh 26 tim dari Banda Aceh dan Aceh Besar. “Ini bukan level Kecamatan lagi, taapi sudah level Kota dan ada juga klub yang berasal dari luar Banda Aceh,” ujarnya.

Saat memberikan piala bergilir kepada Kapten Darul Ulum, Nanda Lubis, Wahyudi menitip pesan agar tahun 2017 nanti dibawa lagi untuk diperebutkan kembali.

“Ini piala bergilir tahun depan dibawa dan kita perebutkan kembali. Sampai jumpa di Kutaraja Cup III 2018,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wahyudi juga menyampaikan apresiasi dan terimakasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi terselenggaranya turnamen tersebut.

Reporter | Teuku Irawan

Komentar

News Feed