full screen background image

PDAM Diminta Pastikan Air Lancar ke Rumah Warga Selama Ramadhan

Share Button
Illiza

Wali Kota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, saat meninjau perbaikan jaringan pipa PDAM di Jalan Anggrek, Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kamis, 2 Juni 2016. (Foto | Ist)

Banda Aceh-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy, Kota Banda ACeh, diminta untuk fokus membenahi jaringan pipa yang bermasalah ke rumah-rumah warga, sehingga air dapat mengalir secara baik.

Permintaan itu diungkapkan Wali Kota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, Kamis, 2 Juni 2016, saat meninjau perbaikan jaringan pipa PDAM di Jalan Anggrek, Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam. Hujan gerimis tak menghalangi niat Illiza untuk melihat secara dekat aktivitas Tim Reaksi Cepat PDAM Tirta Daroy memperbaiki jaringan pipa yang dikeluhkan warga.

Di sana, petugas PDAM memindahkan beberapa sambungan pipa dari rumah pelanggan ke pipa induk yang baru dipasang beberapa hari yang lalu. Di sela-sela proses perbaikan, Illiza turut menampung keluhan dan masukan dari sejumlah warga Lampulo terkait air bersih. Pada kesempatan itu, Illiza didampingi langsung oleh Dirut PDAM Tirta Daroy T Novizal Aiyub, Kabag Humas Setdako Banda Aceh Wirzaini Usman, dan sejumlah pejabat lainnya.

Menyahuti keluhan warga yang masih kesulitan mendapatkan air bersih, Illiza meminta Dirut PDAM untuk fokus membenahi jaringan pipa yang bermasalah, baik yang tumpang tindih maupun bocor. “Menjelang bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi, pastikan distribusi air bersih lancar ke rumah-rumah warga. Fokus perbaiki jaringan yang bermasalah,” pinta Illiza kepada Dirut PDAM seraya mengimbau warga untuk segera melapor kepada petugas PDAM jika masih mengalami kendala.

“Atau langsung kirimkan SMS layanan pengaduan masyarakat ke nomor telepon 0811683005. Nanti akan kita proses segera dengan menurunkan tim ke lapangan,” pungkas Illiza seraya menyebutkan pihaknya juga telah menyiapkan mobil tangki air bersih untuk mengantisipasi persoalan air bersih selama bulan puasa nanti.

Senada dengan Illiza, Dirut PDAM Tirta Daroy T Novizal Aiyub megharapkan warga untuk tidak mengundur-undur laporan terkait distribusi air bersih. “Semakin lama kita dapatkan laporan, maka akan semakin mempersulit proses perbaikannya,” katanya.

Perihal masih banyak warga yang menyambung satu jaringan PDAM ke dua pipa induk yang ada di kawasan tersebut, ia menyebutkan jika hal itu bisa membantu warga dan menjadi solusi alternatif untuk sementara waktu, maka pihaknya tidak akan mempermasalahkannya. “Namun ke depan tentu akan kita perbaiki sesuai aturan yang berlaku,” harapnya.

Masih kata dia, tanpa kebocoran atau kehilangan air yang angkanya masih cukup besar, jumlah produksi air PDAM Tirta Daroy yang mencapai dua juta kubik per bulan sudah mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga Banda Aceh. “Angka kebocoran atau kehilangan air ini yang terus kita tekan seminimal mungkin, sehingga air dapat didistribusikan secara merata. Hal ini tidak bisa kita selesaikan sekaligus mengingat keterbatasan anggaran, tapi harus secara bertahap dan per zona yang telah kita bagi,” tambahnya.

“Kualitas air kita sebenarnya juga sudah layak minum, tapi jika di sejumlah kawasan atau pada waktu tertentu warga mendapatkan airnya kotor dan berbau, itu disebabkan oleh kebocoran pipa yang menyebabkan tanah, lumpur, maupun limbah bercampur dengan air dari PDAM. Dengan kerja keras dan dukungan semua pihak terkait termasuk masyarakat, kami optimis distribusi air bersih berkulaitas layak minum di Banda Aceh dapat mencapai 100 persen, dari angka 84 persen saat ini,” ungkapnya.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.