oleh

Pekerja Sosial Masyarakat Diingatkan Tidak Bergaya dengan Atribut

00

Banda Aceh-Para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) diingatkan agar tidak hanya sekedar ingin bergaya-gaya saja dengan atribut yang ada, melainkan lebih pada dedikasi dan pengabdian sosial, serta kemampuan untuk menyelesaikan misi sosialnya.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs Alhudri MM, saat membuka bimbingan sosial dasar untuk PSM tahun 2018 di Hotel Grand Arabia, Banda Aceh, Senin, 24 September 2018. Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta dari 12 kabupaten/kota di Aceh tersebut akan berlangsung hingga Rabu 26 September 2018.

“PSM harus mampu menghadapi kompleksitas perkembangan permasalahan kesejahteraan sosial yang ada. Menjadi PSM tidak hanya sekedar ingin bergaya-gaya saja dengan atribut yang ada,” tegas Alhudri.

Ia menuturkan, permasalahan sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat saat ini sangat kompleks, berbagai peristiwa bencana kerap terjadi, belum lagi masalah kesejahteraan sosial lainnya yang cenderung memperlihatkan trend meningkat.

Permasalahan kesejahteraan sosial tidak berdiri sendiri, melainkan bersandingan dengan faktor lainnya seperti pertumbuhan ekonomi, meningkatnya angka pengangguran, pendidikan dan kesehatan.

“Disamping itu, kita juga mengalami distorsi dalam memelihara nilai-nilai dasar seperti kebersamaan, kekeluargaan, kesetiakawanan sosial lainnya yang menjadi cikal bakal kekuatan bangsa ini,” kata Alhudri.

Sehingga, katanya lagi, semangat menghargai dan menghormati perbedaan antara satu dengan lainnya menjadi makin langka. Fenomena seperti ini sudah saatnya disikapi bersama dengan kehadiran PSM untuk memberi optimisme dan membantu menangani permasalahan sosial di desa.

“Karena tujuan hadirnya PSM dalam konteks pembangunan kesejahteraan sosial, adalah untuk membangkitkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama warga masyarakat yang memiliki wawasan dan rasa kepedulian di bidang sosial kemanusian,” katanya lagi.

Untuk meningkatkan kualitas pengabdian PSM, kata Alhudri, diperlukan pemberian cacity building dalam bentuk bimbingan sosial dasar bagi PSM. Tujaunnya, untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas dan peranan sebagai PSM.

“PSM merupakan salah satu komponen masyarakat yang dapat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah dalam uasaha kesejahteraan sosial,” sambungnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Perorangan dan Keluarga di Dinas Sosial Aceh, Safwan S.Ag, MM menjelaskan, kegiatan ini adalah upaya untuk memacu semangat kerja PSM agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara baik, terencana, terarah dan berkesinambungan serta penuh tanggungjawab dalam usaha kesejahteraan sosial.

Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan pengetahuan sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanan tugas pengabdiannya di bidang usaha kesejahteraan sosial.

“Kita ingin meningkatkan motivasi dan kinerja PSM dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umumnya dan PMKS khususnya,” kata Safwan.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed