oleh

Pelajajar SMK Se Aceh Ikut Giat Prestasi Pramuka-Gebyar Literasi Tingkat Provinsi

Banda Aceh-Sebanyak 207 pelajar dan guru pendamping SMK Se Aceh, selama lima hari ke depan atau sejak 11 hingga 15 Agustus 2018, mengikuti giat prestasi pramuka-gebyar literasi siswa SMK tingkat provinsi.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Aceh dan dihadiri Kepala Seksi Kesiswaan dan Pembangunan Karakter Pada Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Amiruddin, S.Sos, penanggungjawab teknis kegiatan, Drs. Zulkarnaini, Sabtu (11/08/2018) malam, di Banda Aceh.

penanggungjawab teknis kegiatan, Drs. Zulkarnaini, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk membentuk pemimpin muda yang berkarakter, patriotik, membentuk pola pikir, sikap perilaku yang mulia, berdayaguna bagi agama, nusa dan bangsa.

“Juga sekaligus untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam berpikir analitis, kritis, evaluatif, imajinatif dan kreatif sebagai bekal dalam menghadapi persaingan dan tuntutan dunia kerja demi mempromosikan kearifan vokasi nusantara sekaligus menumbuhkan rasa cinta akan khazanah budaya bangsa sendiri,” ujarnya menjelaskan.

Dikatakan, kegiatan ini juga sekaligus dalam pembentukan sikap/karakter siswa yang mempunyai kehidupan dengan rasa aman, jujur, disiplin, sportifitas, penuh kreatifitas, serta rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama siswa.

“Dan yang memperoleh juara I nantinya akan mengikuti grand final (festival literasi nasional) mewakili Aceh ke tingkat nasional di DKI Jakarta pada 27 hingga 31 Oktober 2018 mendatang,” katanya menyebutkan.

Menurutnya, kegiatan tersebut memperlombakan empat bidang lomba meliputi, bidang lomba cerita kearifan vokasi nusantara (Dua orang peserta), bidang lomba sudut baca vokasi (1 orang peserta), bidang lomba buku elektronik tokoh vokasi (2 orang peserta) dan bidang lomba vokasi moda literasi bergerak (1 orang peserta).

“Gebyar literasi ini juga diisi materi terkait upaya meningkatkan karakter siswa yaitu, keterampilan kepramukaan, games team work (kekompakan), keagamaan, kedisiplinan, dan keamanan,” tuturnya menyebutkan.

Masih kata Zulkarnaini, peserta akan diseleksi para dewan juri dan dipandu instruktur. Adapun dewan juri dan instruktur, lanjutnya, berasal dari Kwarcab Banda Aceh, Kwarcab Aceh Besar dan Kwarcab Subulussalam serta dari praktisi literasi.[]

(Sumber | SMKACEH.INFO)

Komentar

News Feed