oleh

[PELATIHAN FOTOGRAFI] Foto Jurnalistik Bebas Tapi Santun

00
Bedu Saini
Bedu Saini, salah seorang pemateri dari media Harian Serambi Indonesia, saat menyampaikan materi pelatihan fotografi, Selasa, 14 November 2017, di aula PWI Aceh, di Banda Aceh. FOTO | HENDRA S

Banda Aceh-Puluhan jurnalis yang bertugas di Kota Banda Aceh, mengikuti pelatihan fotografi.Pelatihan yang diprakarsai oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh ini berlangsung selama dua hari atau sejak 14 hingga 15 November 2017, dipusatkan aula gedung PWI Aceh, Selasa, 14 November 2017, di Banda Aceh.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Ketua PWI Aceh, yang membidangi hubungan antar lembaga, Ramadhansyah, atasnama ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman.Pelatihan tersebut mengusung tema “Foto Jurnalistik Bebas Tapi Santun”.Dalam keesempatan itu, panitia menghadirkan sejumlah permateri meliputi, Bedu Saini dari media Harian Serambi Indonesia, Ferdi Siregar, Harian Analisa.

Ramadhansyah mengatakan, menjadi seorang photografer jurnalistik yang handal harus benar benar menguasai teknis pengambilan gambar yang baik pula.
“Teknis photo grafer sama juga dengan seorang wartawan koresponden, teknis pengambilan gambar juga harus mengandung unsur 5 W+1 H,” kata Ramadhan.

Untuk itu, katanya lagi, tidak “diharamkan” jika seorang wartawan fotografer atau sebaliknya wartawan koresponden menekuni keduanya.”Seorang menjadi wartawan baik fotografer maupun koresponden harus sudah siap dengan keilmuaannya,” lanjutnya.

Ketua panitia, Azhari Bahrul, menjelaskan pelatihan fotografi ini merupakan tahap pertama dilakukan dan akan terus berlanjut dengan harapan peserta benar-benar serius mengikuti pelatihan ini.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, ketua Serikat Pekerja Pers, Aceh Imran Jhoni, pengurus PWI Aceh.[]

Reporter | Hendra S

Komentar

News Feed