full screen background image

Pembangunan Masjid Lamteh Butuh Dana Rp.10,5 Milyar

Share Button
Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Rabu, 3 Januari 2017, meresmikan pembangunan perluasan Masjid Baitul Mukminin Gampong Lamteh Ulee Kareng, Banda Aceh.FOTO | IST

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Rabu, 3 Januari 2017, meresmikan pembangunan perluasan Masjid Baitul Mukminin Gampong Lamteh Ulee Kareng, Banda Aceh.FOTO | IST

Banda Aceh-Masyarakat Gampong Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, begitu antusias untuk mengagas dan mencanangkan pembangunan perluasan Masjid Baitul Mukminin. Total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid tersebut mencapai Rp.10,5 Milyar.

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Rabu, 3 Januari 2017, meresmikan pembangunan perluasan Masjid Baitul Mukminin Gampong Lamteh Ulee Kareng, Banda Aceh. Peresmian itu ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama.

Nova menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Lamteh karena telah mengagas dan mencanangkan pembangunan perluasan Masjid Baitul Mukminin.

“Saya sangat menghargai cita-cita dan kemauan yang begitu optimis dari masyarakat Lamteh, karena Masjid ini adalah kebutuhan dan sarana umat Islam untuk beribadah,” ujar Nova.Ia berharap pembangunan masjid itu bisa selesai dalam tempo dua tahun pengerjaan.

Nova optimis jika target pembangunan itu bisa tercapai. Apalagi diketahui bahwa di seluruh Aceh, masyarakatlah yang menjadi tulang punggung pembangunan masjid. Dari data statistik, 85 persen pendanaan pembiayaan masjid bersumber dari masyarakat.

Meskipun demikian lanjut Nova, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota juga tidak boleh lepas tangan terhadap kewajiban membantu pembangunan Masjid di seluruh Aceh.
Apalagi, lanjut Nova, masjid bukan semata tempat ibadah, namun juga menjadi pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam serta sebagai sarana untuk pembinaan umat, pelurusan hal-hal yang keliru, dan sebagai tempat untuk membina soliditas persatuan dan kesatuan.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Lamteh, Ilyas Nyak Tui menyampaikan bahwa total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid tersebut mencapai Rp.10,5 Milyar.Masjid Baitul Mukminin, kata Ilyas akan dibangun dua lantai dengan luas sebesar 1.450 meter bujur sangkar dan akan mampu menampung jamaah sebanyak 1.200 orang dari sebelumnya yang hanya mampu menampung sekitar 700 orang.

“Masih banyak dana yang dibutuhkan, karena itu kami berharap bantuan baik itu dari Pemerintah dan juga masyarakat agar pembagunan Masjid ini bisa cepat selesai,” ujar Ilyas Nyak Tui.[]Redaksi

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.