oleh

Pemerintah Aceh Prioritaskan Pengembangan SMK

LKS SMK Se Aceh
Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Se Aceh ke XXV di halaman kantor Bupati Aceh Tamiang. FOTO | FAJRI

Kuala Simpang-Memasuki tahun 2017 ini, pemerintah Aceh memastikan untuk memprioritaskan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini dilakukan pendidikan sekolah kejuruan merupakan salah satu jenis pendidikan yang dinilai efektif dalam mendorong lahirnya SDM yang handal.

Hal itu disampaikan Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, pada pembukaan rangkaian kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Aceh, Selasa, 27 September 2016 di Kuala Simpang.

“Kepada pihakterkait, saya telah meminta agar segera disiapkan blueprint dan roadmap revitalisasi SMK, termasuk upaya membangun kerjasama dengan dunia usaha. Ingat, bahwa Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan pengelolaan SMK menjadi kewenangan provinsi. Karena itu proses pengalihan SMK dari kabupaten/kota ke Pemerintah Aceh segera kita lakukan,” katanya.

Disebutkan dia, saat ini terdapat 191 sekolah SMK di Aceh, atau sepertiga dari jumlah SMA yang mencapai 485 sekolah. Ke depan, rasio ini harus kita balik, sehingga jumlah SMK lebih banyak dari SMA.

“Tapi saya ingatkan lagi, kehadiran SMK bukan menjadi jaminan lahirnya tenaga muda trampil jika pelajarnya tidak mau belajar dengan gigih. Semangat belajar adalah yang utama untuk mendukung suksesnya pengembangan SMK ini. Sebab itu dorongan untuk memperkuat semangat belajar harus kita tingkatkan. Ajang LKS ini adalah salah satu sarana untuk memperkuat semangat tersebut,” sebutnya mengingatkan lagi.

Di ajang LKS ini, tambah dia, peserta akan diuji kemampuannya dalam berbagai hal. Karena itu, ia mengajak untuk menjadikan kompetisi ini sebagai pendorong untuk tampil lebih kreatif agar pelajar SMK Aceh mampu membuktikan bahwa mereka adalah anak-anak muda yang siap membawa perubahan di daerah ini.

“Seluruh stakholder di Aceh, saya harapkan turut mendukung dan mensukseskan kegiatan LKS ini, sehingga pencapaian kegiatan ini lebih baik dari tahun –tahun sebelumnya,” tambah Gubernur.

Reporter | Adi Doles

Komentar

News Feed