full screen background image

Pemerintah Aceh Sambut Baik Kerjasama dengan Innovam

Share Button
mou-dengan-innovam-

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menghadiri penandatanganan MoU antara Pemerintah Aceh dengan Innovam, Selasa, 26 September 2017, di Medan. FOTO | IST

Banda Aceh-Pemerintah Aceh, menyambut baik atas terjalinnya hubungan kerjasama bidang pendidikan antara Innovam dengan Pemerintah Aceh.Kerjasama dimaksudkan itu ditandai dengan penandatanganan MoU pada grand opening innovam Indonesia global di CBD Polonia, Suka Damai, Medan, Selasa (26/09/2017) lalu.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung, Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriyansyah, MT, atase kedutaan Netherland untuk Indonesia dan Pejabat dari Kemendikbud, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, S.Ag, M.Pd, Kabid Pembinaan SMK, Teuku Miftahuddin, beberapa anggota DPRK Medan, CEO Innovam-Netherland, Mr.Leo Fransen, serta staf dan sejumlah Kepala Sekolah dan pelajar dari SMK Aceh.

Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, menyampaikan bahwa Innovam merupakan lembaga yang bergerak di bidanng pelatihan dan pemagangan tenaga terampil otomotif bertaraf Internasional yang berpusat di Belanda.

“Kami berharap, kiranya kehadiran Innovam di Indonesia tepatnya di Medan ini, dapat memberi dukungan bagi kemajuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Sumatera, khususnya di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh,” ujar Wagub Nova.

mou-dengan-innovam

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, usai penandatanganan MoU antara Pemerintah Aceh dengan Innovam, Selasa, 26 September 2017, di Medan. FOTO | IST

Wagub Nova mengatakan, sebagai upaya mewujudkan visi-misi Pemerintah Aceh 2017-2022 yaitu Aceh Carong, Aceh Meuadab dan Aceh Teuga, pemerintah Aceh menyambut baik kerjasama tersebut.

Ia menyampaikan, keberadaan lembaga Innovam telah diketahui pihaknya sejak diundangnya perwakilan dari Pemerintah Aceh, saat berkunjung ke kantor pusat dan lembaga pelatihan Innovam yang berada di Kota Nieuwegein, Utrecht, Belanda, pada pertengahan September lalu.

“Dari hasil perjalanan itu, kami dapat memahami betapa profesionalnya cara kerja Innovam dalam mendidik tenaga muda terampil di bidang otomotif. Sistem pelatihan yang dikelola Innovam kami nilai sangat ideal menjadi acuan bagi sekolah-sekolah kejuruan otomotif di tanah air,” kata Wagub Nova.

Karena itu, sebut Wagub Aceh ini, saat pihaknya mendengar kabar bahwa Innovam Netherland akan membuka perwakilan di Kota Medan, Pemerintah Aceh mengaku sangat gembira.

“Sebab, dengan kehadiran perusahaan ini tentu akan lebih mudah bagi kita untuk menjalin kerjasama dalam mendidik tenaga terampil bidang otomotif yang sesuai standar Internasional,” ucapnya.

mou-dengan-innovam

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, usai menghadiri penandatanganan MoU antara Pemerintah Aceh dengan Innovam, Selasa, 26 September 2017, di Medan. FOTO | IST

Wagub Nova juga menyebutkan, saat ini Pemerintah Aceh sedang gencar-gencarna menggalakkan peningkatan kualitas pendidikan di semuua tingkatan, termasuk diseluruh sekolah kejuruan.

“Total seluruh sekolah kejuruan yang ada di Aceh saat ini mencapai 191 sekolah, atau sepertiga dari jumlah SMA atau sebanyak 485 sekolah.Kedepan diharapkan dengan banyaknya sekolah kejuruan, maka kami akan mampu menghasilkan tenaga muda terampil yang siap mengisi peluang kerja di dunia usaha,” sebutnya berharap.

Namun demikian, kata Wagub lagi, kehadiran banyak SMK bukan berarti telah menjamin bahwa provinsi Aceh akan dapat memiliki tenaga terampil sebagaimana yang diharapkan.

“Soal kualitas juga penting untuk diperhatikan.Oleh sebab itu, Pemerintah Aceh menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga keterampilan lainnya guna mendukung sistem pendidikan yang ada di SMK,” sambung Wagub Nova.

“Kami menilai PT Innovam salah satu lembaga yang ideal untuk diajak kerjasama meningkatkan keterampilan ini.Itu sebabnya, kami begitu antusias mengenal lebih jauh program Innovam dalam menyiapkan sumberdaya manusia unggul di bidang otomottif ini”

Ia juga mengatakan, sebagai bukti ketertarikan Pemerintah Aceh menjalin kerjasama dengan Innovam Netherlands, pada pertengahan Oktober nanti, pihaknya berencana mengirimkan sejumlah siswa dan guru SMK uuntuk mengikuti pelatihan dan penanganan di perusahaan berskala Internasional di Belanda.

mou-dengan-innovam

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, usai menghadiri penandatanganan MoU antara Pemerintah Aceh dengan Innovam, Selasa, 26 September 2017, di Medan. FOTO | IST

“Jika program ini berjalan lancar, sistem pemagangan dan pelatihan ini akan berlanjut dalam jangka panjang.Dengan demikian, sistem pendidikan yang dijalankan Innovam Netherlands, kelak dapat diterapkan di Aceh,” ungkapnya.

Wagub Nova juga berharap kerjasam tersebut hendaknya dapat segera direalisasikan, sehingga secara bertahap mutu pendidikan SMK kejuruan di Aceh, khususnya bidang otomotif dapat lebih ditingkatkan lagi.

“Kehadiran Innovam Indonesia Global di Medan ini, tentunya akan sangat mendukung kerjasama yang kita tandatangani ini.Kami berharap keberadaan Innovam di Kota Medan, dapat menjadi jembatan dalam menghubungkan kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi guru dan siswa SMK Aceh ditingkat Internasional, sehingga, impian kami untuk mencetak tenaga muda terampil di bidang otomotif dapat terwujud,” harapnya.[]Redaksi

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.