full screen background image

Pemerintah Aceh Sambut Kedatangan Kafilah MTQ Aceh

Share Button
pelepasan mtq

ilustrasi-Kafilah MTQ Banda Aceh bertolak ke Nagan Raya utuk mengikuti MTQ ke 32 tingkat Provinsi Aceh. Kafilah Kota Banda Aceh dilepas Wakil Walikota, Drs Zainal Arifin, Senin (17/8/2015) di halaman Balaikota. FOTO | Ist

Aceh Besar-Pemerintah Aceh diwakili Asisten II Setda Aceh Zulkifli HS, bersama Kepala Dinas Syariat Islam provinsi Aceh menyambut kedatangan kafilah MTQ Nasional ke XXVI yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Senin (08/08).

Zulkifli menyebutkan, Masyarakat Aceh patut berbangga. Pasalnya, meski Aceh hanya menduduki peringkat delapan pada MTQ tahun ini, Aceh bisa mengikutsertakan semua perwakilan pada tiap cabang lomba. Bukan hanya itu, juara khat asal kota Banten diketahui juga berasal dari Aceh.

“Tahun ini sangat ketat. Orang (peserta) yang tidak memenuhi syarat langsung off (diskualifikasi) dan Aceh memiliki jumlah peserta full dan memenuhi persyaratan,” ujar Zulkifli.

Di Mataram, kafilah Aceh juga mendapatkan fasilitas yang sangat bagus. Lokasi yang strategis membuat para peserta terkonsentrasi sepenuhnya. “Berkat kerjasama semua mulai dari pelepasan oleh gubernur, hingga pelaksanaan di sana sungguh baik,” ujar Zulkifli.

Zulkifli menyebutkan, kepada para peserta, khususnya mereka yang memperoleh prestasi, pemerintah akan memberikan bonus yang telah dipersiapkan dalam DPA 2016. Namun demikian, kata Zulkifli yang lebih penting adalah dukungan penerapan dinul islam di Aceh, sehingga pembinaan terhadap para hafidz, qari, dan semua pelaku agama bisa terus meningkat.

Juara umum pada gelaran MTQ Nasional kali ini adalah Provinsi Banten, peringkat II DKI Jakarta, peringkat III Kepulauan Riau, peringkat IV Nusa Tenggara Barat, peringkat V Jawa Tengah, peringkat VI Riau, peringkat VII Sumatera Barat, peringkat VIII Aceh, peringkat IX Papua Barat, dan peringkat X Jawa Barat.

Berdasarkan pengumuman dewan hakim yang diketuai DR H Said Aqil Husin Al Munawar MA dan sekretaris DR H Muchlis Hanafi MA enam finalis kafilah Aceh adalah dari cabang Fahmil Quran, Khattil Quran, Tilawah Remaja Putri, Tahfizh Quran dan Tafsir Quran.

Rinciannya juara yang diraih Aceh juara I Tafsir Quran bahasa Inggris putri atas nama yusniar, juara I Tahfizd Quran 1 jus putra atas nama Muhammad Khadafi, Juara II Khattil Quran golongan khat hiasan mushaf atas nama Syeh Marzawi, Juara II Fachmil Quran atas nama Aulia Rizki, Aguslijar dan Fachrul Radji, Juara III tilawah remaja putri atas nama Yassarah dan juara III thartir Quran 5 Juz putra atas nama M Rajul Fuzari.

Kafilah Aceh juga tampil sebagai juara harapan dengan rincian tiga harapan II diraih dari Qiraah Sabaah putri atas nama Fikrika, thartir putra atas nama Syahidul Aulia dan golongan cacat netra putra atas nama Thantawi.

Berikutnya tiga harapan III diraih dari 10 juz putra atas nama m hani, bahasa putri atas nama nanda Anni Safitri dan 20 juz putra atas nama Wahyu Ridha.

Pada kesempatan itu juga diumumkan para juara lomba pawai takruf yang Kafilah Aceh juara keenam dari 34 provinsi dan penetapan calon tuan rumah MTQ ke 27 tahun 2018 yaitu di Sumatera Utara.

Reporter | Hidayat

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM