oleh

Pemko Minta Pengelolaan Terminal Dikembalikan

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, melakukan kunjungan kerja ke terminal tersebut, Rabu, 14 Februari 2018.
Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, melakukan kunjungan kerja ke terminal tersebut, Rabu, 14 Februari 2018.

Banda Aceh-Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh meminta agar pengelolaan terminal bus type A yang terletak di Batoh untuk dapat dikembalikan ke Pemko setempat.Alasannya, untuk memudahkan pemantauan dan pemeliharaan.

Hal itu disampaikan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman,saat mendampingi Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melakukan kunjungan kerja ke terminal tersebut, Rabu, 14 Februari 2018.

“Kalau pengelolaannya dikembalikan ke Pemko, Saya pikir akan mudah dalam pemantauan dan pemeliharaan,” ujar Aminullah.

Soal fasilitas, Aminullah menyarankan agar terminal juga memiliki fasilitas parkir yang lebih luas. Kata Aminullah, ketika ada wisatawan lokal yang datang dengan jumlah bus yang banyak, mereka bisa menitipkan busnya di terminal.

“Seperti kemarin, ada wisatawan domestik sebanyak 500 orang datang berzikir ke Banda Aceh. Mereka datang menggunakan 12 bus ukuran besar. Yang seperti ini mungkin kita bisa fasilitasi mereka parkir di sini,” ungkap Walikota.

Fasilitas untuk kaum disabilitas juga menjadi salah-satu jadi perhatian Wali Kota. Aminullah meminta terminal type A Banda Aceh harus ramah terhadap penyandang disabilitas agar mereka mudah mengakses layanan di terminal tersebut.

Didepan Wagub Aceh, Aminullah juga menyarankan terminal tersebut diberi nama. Sarannya, nama yang akan diberi nanti bernuansa Islami yang sesuai dengan Aceh yang menerapkan syariat Islam.

Wagub Aceh didampingi Walikota turun ke terminal type A Kota Banda Aceh merupakan bagian dari kunjungan kerja Pemerintah Aceh meninjau sejumlah proyek-proyek yang dibangun dengan dana APBN.

Nova dan Aminullah juga ikut meninjau sejumlah fasilitas terminal seperti toilet, pusat informasi, loket pembelian tiket dan fasilitas lainnya. Keduanya juga terlihat sering menanyakan berbagai hal kepada petugas Kemenhub yang bertugas di terminal bus terbesar di Sumatera tersebut.

Sebagaimana diketahui, pengelolaan terminal type A diseluruh Indonesia saat ini tidak lagi dikelola oleh Pemerintah Daerah tapi sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat melalui Kemenhub.[]

Reporter | Hendra S

Komentar

News Feed