oleh

Pemprov Aceh Cairkan THR untuk PNS hingga Pensiunan

Banda Aceh-Pemerintah Provinsi Aceh mulai mencairkan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN)/PNS hingga pensiunan. Dana THR ini diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang sudah dipersiapkan.

“Pemerintah telah mempersiapkan alokasi dana THR tersebut jauh-jauh hari melalui penambahan DAU dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam Pergub Aceh Nomor 5 Tahun 2018 APBD Tahun Anggaran 2018,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani, Rabu (6/6/2018).

Jumlah THR yang diberikan untuk ASN dan pensiunan di Aceh yaitu sebesar gaji dan tunjangan pada Mei. Menurut Saifullah pemberian THR ini tidak diumumkan kepada penerimanya karena untuk menekan angka inflasi.

“Pemerintah tidak mengumumkannya jauh-jauh hari akan ada pemberian THR kepada ASN, TNI, Polri, Pejabat Negara, dan penerima tunjangan pensiun, untuk menekan laju inflasi,” jelas pria yang akrab disapa SAG ini.

Menurutnya, THR yang diberikan untuk PNS ini diambil dari dana alokasi umum dan dana tersebut ditransfer dari pusat. Ia menilai pemberian THR ini tidak memberatkan bagi provinsi dan tidak membebani anggaran daerah.

“Hanya saja DAU itu yang sejatinya dialokasikan untuk gaji pegawai kadang kala di daerah tertentu dipakai untuk kebutuhan yang lain, sehingga daerah terkesan daerah tertentu tidak siap membayar THR tersebut,” ungkapnya.

“Gaji PNS, TNI, Polri, dan pensiunan, sejak dulu merupakan beban anggaran pusat yang ditransfer ke daerah otonom,” jelas Saifullah.

Meski demikian, SAG mengaku tidak ingat jumlah dana yang dikucurkan untuk membayar THR PNS serta pensiunan tersebut. “Angka persisnya harus lihat data di Dinas Keuangan Aceh,” kata Saifullah.[]

(Sumber | DETIK.COM)

Facebook Comments

Komentar

News Feed