full screen background image

Perempuan Ini Jadi Orang Terkaya Australia Berharta Rp 122 Triliun

Share Button
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA-Gina Rinehart tak lagi menjadi orang terkaya di Australia, setelah menduduki posisi tersebut 5 tahu berturut-turut. Orang terkaya di Australia diduduki oleh perempuan lagi, bernama Blair Parry-Okedon.

Seperti diketahui, Rinehart merupakan seorang pengusaha kaya di sektor tambang bijih besi lewat perusahaan bernama Hancock Prospecting. Namun karena harga komoditas turun, jumlah kekayaan Rinehart turun US$ 3,2 miliar (AUD 4,5 miliar) pada tahun lalu.

Kekayaan Rinehart sekarang adalah US$ 8,5 miliar, dan menjadi orang terkaya nomor dua di Australia.

Pengganti Rinehart, yaitu Parry-Okeden, merupakan perempuan kelahiran Amerika Serikat (AS) yang menjadi pewaris perusahaan media AS bernama Cox Enterprises. Parry pindah ke Australia sekitar 10 tahun lalu bersama mantan suaminya, dan telah dinaturalisasi menjadi warga Australia.

Menurut Forbes, Jumat (29/1/2016), jumlah kekayaan parry mencapai US$ 8,8 miliar atau sekitar Rp 122 triliun.

Orang terkaya nomor tiga di Australia diduduki oleh investor properti bernama Harry Triguboff, dengan kekayaan US$ 6,9 miliar atau sekitar Rp 95 triliun.

Peningkatan permintaan apartemen sewa, dan juga meningkatnya permintaan apartemen dari pembeli asal China, membuat kekayaan Triguboff naik US$ 1,3 miliar tahun lalu.

Secara total, ada 8 perempuan yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya Australia versi Forbes. Secara keseluruhan, kekayaan 26 orang dalam daftar tersebut turun jumlahnya karena pelemahan dolar Australia.

SUMBER | DETIK.COM

Facebook Comments