full screen background image

Peringati HUT RI, Pemuda Singkil Gelar Upacara atas Perahu

Share Button
upacara atas perahu

Pemuda dari tiga desa di Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 atas perahu di Sungai Rintis, Rabu (17/8). FOTO | AJNN.NET 

Aceh Singkil-Pemuda dari tiga desa di Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 atas perahu di Sungai Rintis, Rabu (17/8).

Sekitar 30 orang pemuda dan babinsa desa berdiri di atas perahu, bertidak sebagai petugas upacara, sementara warga desa Sukamakmur, Siti Ambia dan Kuta Simboling menjadi peserta upacara di sisi kiri dan kanan sungai.

“Ide ini datang dari pemuda, kalau dilakukan di lapangan itu sudah hal yang biasa, sehingga kurang semangat, makanya kita buat di atas perahu,” kata Irwan Syahrizal Sekretaris Desa Sukamakmur yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kata Irwan, tidak ada persiapan khusus dalam melakukan upacara atas perahu tersebut, ide yang dicetuskan para pemuda itu muncul dengan spontan, sehingga semuanya dilaksanakan serba tradisional.

“Ini spontanitas para pemuda, bahkan saya baru tahu setelah dijemput utuk menjadi Irup. Semua serba tradisional, bahkan bendera saja bukan bendera baru, tapi ini bagus dalam memaknai perjuangan,” ujar Irwan.

Sementara itu Rahmad Syarijal, Ketua Pemuda setempat mengaku pertisipasi mereka di HUT RI ke 71 ini muncul sebagai wujud rasa syukur dalam memaknai kemerdekaan yang proses lahirnya juga atas peran muda-mudi Indonesia.

“Negeri ini merdeka juga atas peran pemuda, untuk itu pemuda hari ini juga harus andil dalam memaknai dan mengisi kemerdekaan,” pungkasnya.

Selain upacara pengibaran bendera dari atas perahu, para pemuda tiga desa tersebut sore ini juga mengadakan hiburan rakyat, yang dipusatkan di lokasi Sungai Rintis.

Sumber | AJNN.NET 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM