full screen background image

Pers Jadi Pilar Penting Demokrasi

Share Button
aksi-hoax

Pelajar mengikuti aksi memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang bertemakan Melawan Berita Hoax di SMK Taman Siswa Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (8/2). FOTO | REPUBLIKA.CO.ID 

Jakarta-Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Taufik Kurniawan mengatakan hari ini dunia pers dan seluruh insan jurnalis seluruh Indonesia memperingati puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang berpusat di Ambon.

Tidak terasa, sejak reformasi digemakan kurang lebih dua dasawarsa lalu, pers merupakan salah satu pilar penting kebangkitan kehidupan bangsa dan negara dan khususnya kesadaran akan nilai-nilai demokrasi. Atas dasar itulah semuanya menjalani kehidupan sebagai anak bangsa hari ini.

“Selamat Hari Pers Nasional. Semoga peran Pers akan semakin memberi kontribusi positif bagi kehidupan bangsa dan negara demi mewujudkan cita-cita masyarakat yang lebih baik di masa yang akan datang,” kata Taufik dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/2).

Menurut dia, pers telah menjadi bagian dari pembangunan dan konsolidasi demokrasi. Bahkan menjadi salah satu pilar demokrasi itu sendiri. Pers memiliki peran penting dalam menentukan kualitas demokrasi di Indonesia. Di tengah suasana politik yang sedang hangat menjelang berbagai perhelatan dan kontestasi. Tentu saja dia menginginkan pers sebagai jembatan informasi yang mencerahkan dan mencerdaskan.

Saat ini, Indonesia sedang dilanda berita dan kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hoax seakan telah mewabah dan sulit dihindari. Apalagi, realitas tersebut telah berpotensi memecah-belah dan merusak tatanan sosial dan suasana kerukunan dan keharmonisan kehidupan masyarakat.

“Atas dasar itu pula, saya meyakini, sebagai pilar demokrasi, pers adalah pilar penting dalam kehidupan demokrasi kita hari ini,” tambahnya

Selanjutnya, pilar yang senantiasa memberi pencerahan dan perspekif objektif tentang segala peristiwa dan isu yang menyangkut kehidupan bangsa dan negara. Pers turut serta dalam membangun kehidupan bangsa, mengontrol berbagai penyimpangan yang tidak sejalan dengan pembangunan, dan mengilhami solusi bagi segala persoalan.

SUMBER | REPUBLIKA.CO.ID 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.