oleh

[Piala AFF] Penalti Boaz Menangkan Indonesia Atas Vietnam

timnas-indonesia
Laga Indonesia versus Vietnam di Leg I Semifinal Piala AFF 2016. Penalti Boaz Solossa memastikan kemenangan 2-1 ‘Merah Putih’. FOTO | AFP PHOTO/BAY ISMOYO/DETIK.COM 

Cibinong-Indonesia meraih kemenangan atas Vietnam di Leg I Semifinal Piala AFF 2016. Penalti Boaz Solossa memastikan kemenangan 2-1 ‘Merah Putih’.

Pada laga yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016) malam WIB, Indonesia menurunkan duet Hansamu Yama dan Manahati Lestusen di jantung pertahanan. Sementara posisi Evan Dimas digantikan Ferdinan Sinaga.

Sejak menit awal Indonesia langsung menekan pertahanan Vietnam meski kalah penguasaan bola. Pada menit ketujuh publik tuan rumah dibuat bersorak-sorai menyusul gol Hansamu Yama yang membawa Indonesia unggul 1-0.

Dari korner Rizki Pora, bola mengarah ke muka gawang dan Hansamu menyambut dengan kepalanya untuk menjebol jala Vietnam. Gol tersebut juga turut dirayakan oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang menonton langsung di stadion.

Indonesia coba menambah keunggulan tapi usaha mereka selalu sia-sia sampai Vietnam akhirnya menyamakan skor 1-1 di menit ke-17 menyusul pelanggaran Beny Wahyudi kepada Le Cong Vinh di kotak terlarang. Nguyen Van Quet yang maju sebagai eksekutor sukses mengecoh Kurnia Meiga.

Di menit ke-23 Andik Vermansah punya kans bikin gol namun sepakannya masih melayang di atas mistar. Vietnam mengancam lewat gol Le Cong Vinh di menit ke-35 tapi tandukannya dari sepak pojok masih belum menemui sasaran. Demikian halnya free kick Stefano Lilipaly di menit ke-37 yang melayang di atas mistar Vietnam.

Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk di babak kedua, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan dan hasilnya didapat pada menit ke-49 ketika Lilipaly yang membawa bola di sisi kiri kotak penalti dilanggar pemain Vietnam.

Wasit tanpa ampun menunjuk titik putih dan Boaz sukses menyarangkan bola di pojok atas gawang untuk membawa Indonesia kembali unggul 2-1.

Di menit ke-54 sepakan bebas Rizki Pora dengan susah payah ditepis Nguyen Manh. Sejam laga berjalan, crossing Vietnam nyaris membahayakan gawang Indonesia ketika Cong Vinh ada di tengah kotak penalti. Tapi, Beny Wahyudi dengan cepat membuang bola.

Indonesia coba menambah gol tapi usaha itu kerap sia-sia karena penyelesaian akhir yang kurang tenang dari para pemain. Rizki Pora dan Lerby Eliandri punya peluang tapi belum bisa membahayakan gawang Vietnam.

Bahkan Vietnam nyaris lagi bikin gol andaikan tembakan Nguyen Van Truong di menit ke-88 tak ditepis Kurnia Meiga. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia dan mereka gantian akan melawat ke Vietnam pada Rabu (7/12) besok.

Susunan Pemain

Indonesia: Kurnia Meiga, Benny Wahyudi, Abduh Lestaluhu, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, Andik Vermansah (Zulham Zamrun 90′), Rizky Pora, Boaz Solossa (Evan Dimas 81′), Ferdinan Sinaga (Lerby Eliandri 64′)

Vietnam: Nguyen Manh, Dinh Dong, Ngoc Hai, Van Tanh, Tien Dung, Trong Hoang (Toang Nguyen 75′), Tanh Luong (Thanh Trung Dinh 83′), Xuan Truong, Cong Vinh, Van Quyet (Nguyen Cong Phuong 89′), Van Thang

SUMBER | DETIK.COM 

Facebook Comments

Komentar

News Feed