full screen background image

[PILKADA 2017] KIP Banda Aceh Ajak Warga Gunakan Hak Pilih

Share Button
deklarasi-pilkada-damai

Deklarasi Pilkada Kota Banda Aceh berintegritas dan damai, Sabtu, 5 November 2016. FOTO | FACEBOOK Media Center KIP Kota Banda Aceh

Banda Aceh-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah diambang pintu. Tepat 15 Februari 2017 nanti, akan dilakukan Pemilihan Kepala daerah Gubernur-Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 serta Bupati-Wakil Bupati dan Walikota Wakil Walikota secara serentak di Proovinsi Aceh.

Karena itu, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar deklarasi Pilkada Kota Banda Aceh berintegritas dan damai, Sabtu, 5 November 2016, yang di pusatkan di taman Bustanussalatin (Taman Sari), Kota Banda Aceh. Dua pasangan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Banda Aceh 2017-2022 nomor urut 1 Illiza Sa’aduddin Djamal-Farid Nyak Umar dan nomor urut 2 Aminullah Usman-Zainal Arifin, turut hadir dalam kesempatan itu.

dDeklarasi Pilkada Kota Banda Aceh berintegritas dan damai mengusung tema ‘Meneguhkan Komitmen Bersama Mewujudkan Pilkada yang Demokratis dan Bermartabat’. Selain dua pasangan calon, turut hadir segenap unsur Forkopimda Banda Aceh serta ribuan pendukung kedua pasangan calon.

Ketua KIP Banda Aceh, Munawarsyah, mendorong seluruh stakeholder untuk berikhtiar mengajak semua warga kota untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Banda Aceh 15 Februari 2017 mendatang. “Tingkat partisipasi masyarakat yang memilih kita targetkan minimal 65 persen,” katanya.

Ia pun mengajak kedua pasangan calon beserta tim sukses dan simpatisannya untuk mengedepankan ide-ide atau gagasan dalam berkampanye dan menghindari hal-hal yang berbau fitnah seperti black campaign.

“Mari kita jaga bersama proses Pilkada guna menghasilkan pemimpin yang memiliki legitimasi kuat,” ajaknya seraya menyebutkan 152 ribu lebih warga kota akan menggunakan hak pilihnya di 415 TPS yang tersebar di Banda Aceh.

Kepada segenap unsur penyelenggara Pilkada, ia meminta agar tetap menjaga netralitas, independensi, dan integritas sesuai dengan harapan warga. “Penyelenggara yang terbukti berpihak akan ditindak tegas. Mari tunjukkan komitmen kita mewujudkan Pilkada Banda Aceh yang bermartabat dan berintegritas,” pintanya.

“Siapapun yang akan terpilih nanti merupakan pemimpin kita. Kedaulatan ada di tangan rakyat. Legitimasi akan diraih jika pasangan calon mampu merebut hati rakyat. Rakyat yang akan menentukan pemimpinnya untuk lima tahun mendatang,” pungkasnya disambut tepuk tangan hadirin.

Selanjutnya secara berturut-turut, Dandim 0101/BS Letkol Inf Mahesa Fitriadi, Kapolresta Kombes Pol T Saladin, dan Plt Wali Kota Banda Aceh Hasanuddin Ishak, naik ke atas panggung. Mereka juga ikut menyerukan kepada seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada Banda Aceh yang berintegritas dan damai.

Pada kesempatan itu, kedua kandidat calon Wali Kota Banda Aceh Illiza dan Aminullah didampingi pasangannya dan ketua tims pemenangan diberikan kesempatan untuk berorasi singkat di hadapan ribuan warga yang hadir. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan naskah deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai oleh kedua pasangan calon.

Deklarasi tersebut memuat tiga poin utama, yakni para pihak siap menciptakan Pilkada yang berintegritas dan damai, siap mewujudkan kebersamaan dan menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta siap tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Beberapa ekor Merpati putih sebagai simbol perdamaian juga dilepas oleh kedua pasangan calon dan seluruh unsur Forkopimda. Selamat berpesta demokrasi Banda Aceh.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.