full screen background image

[PILKADA ACEH JAYA] Poldes ‘Unggulkan’ Kandidat Ini

Share Button
preferensi-pilkada-aceh-jaya

Data Preferensi Pemilih terhadap Paslon Bupati-Wakil Bupati Pilkada Aceh Jaya. FOTO | IST

Calang-Sebuah perusahan bergerak dibidang riset, Politik Desain (Poldes) melakukan penelitian berjudul ‘Preferensi Masyarakat Aceh Jaya di Pilkada 2017’. Riset ini dilakukan pada tanggal 21-30 Januari 2017.

Demikian informasi diperoleh media ini, Jum’at, 10 Februari 2017, melalui aplikasi pesan WhatsApp Juru Bicara Drs. H.T. Irfan TB-Tgk. Yusri S, di Banda Aceh. Metode pengumpulan datanya menggunakan pendekatan sensus atau survei lengkap.

Populasinya menggunakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Aceh Jaya tahun 2017 yang ditetapkan oleh Komisi Independen Pemilihan Aceh Jaya tertanggal 8 Desember 2016. Populasi yang terambil sebanyak 60.672 responden dengan presentase data masuk 100 persen, namun setelah di cleaning data yang valid sebesar 94 persen.

komposisi-pilkada-aceh-jaya

Data Komposisi sebaran pemilih Paslon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Aceh Jaya per Kecamatan. FOTO | IST

Untuk menganalisis data menggunakan alat analisis IBM SPSS ver. 23. Hasil menunjukan preferensi pilihan politik masyarakat Aceh Jaya pada Pilkada 2017 lebih dominan memberikan suaranya (pilihan politiknya) kepada Drs. H.T. Irfan TB-Tgk. Yusri S sebesar 72,8 persen.

Selanjutnya, Ir. Junaidi-Bustami Syarbini, S.T sebesar 17,5 persen, dan tidak menjawab (swing voter) sebesar 9,7 persen. Penyebab presentase hasil yang signifikan, dikarenakan modalitas politik yang dimiliki pasangan Drs. H.T. Irfan TB-Tgk. Yusri S sangat besar.

Pasangan nomor urut 1 ini diusung koalisi besar partai yang terbagi menjadi partai pengusung yakni Partai Aceh dan Partai Demokrat. Sedangkan partai pendukung meliputi, Gerindra, PKS, PDIP, PAN, Nasdem, PPP, Hanura, PKB, dan Partai Bulan Bintang.

Data mencatat Partai Aceh memiliki 10 kursi dengan jumlah suara 22.381 sah, bisa disimpulkan punya basis pemilih besar dan loyal. Selain itu hadirnya dukungan ulama terhadap Paslon no 1 ini.

Hal lain dipengaruhi oleh tim sukses dari kalangan eks kombatan yang dikomandoi panglima wilayah Meureuhom Daya Safriyantoni (Pang Toni) bekerja maksimal dan teruji militansinya serta partai pendukung lainnya yang membantu kerja-kerja pemenangan.

Penyebab utama yang membuat suara dukungan sebesar 72,8 persen adalah masyarakat Aceh Jaya merasakan program-program pro rakyat, dikarenakan kelanjutan dari pemimpin sebelumnya Ir. H. Azhar Abdurrahman yang juga merupakan Ketua KPPA Aceh Jaya.

Program tersebut meliputi listrik gratis, raskin (beras miskin) gratis, beasiswa Aceh Jaya cerdas, malem dagang, pelayanan kesehatan hingga kerumah, dan bantuan bagi lansia. Dengan demikian dapat disimpulkan peluang sangat besar pasangan calon no 1 Drs. H.T. Irfan TB-Tgk. Yusri S menang di Pilkada 2017 Kabupaten Aceh Jaya.

Begitupun, terkait penelitian lembaga riset tersebut, hingga berita ini disiarkan media ini belum mendapat konfirmasi lebih lanjut dengan pihak Politik Desain (Poldes).

[Penulis | Rizal JP]
[Editor   | Suandris]

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.