full screen background image

Polda Jatim Gaet Mahasiswi Cantik Jadi Duta Polisi

Share Button
Foto: Rois Jajeli/Detik.com

Foto: Rois Jajeli/Detik.com

SURABAYA-Kepolisian Jawa Timur terus berupaya mendekatkan diri ke masyarakat. Salah satu upayanya adalah menggaet mahasiswi cantik untuk menjadi Duta Humas.

“Kami menggandeng mahasiswa untuk menjadi Duta Humas. Tujuannya membantu berkomunikasi dan menyampaikan informasi ke masyarakat tentang kepolisian, khusus di wilayah Polda Jawa Timur,” ujar Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jatim AKBP Eddwi Kurniyanto, Rabu (27/1/2016).

Ia mengatakan, tidak semua informasi di kepolisian disampaikan. Ada batasan-batasan yang diinformasikan ke masyarakat. Salah satu penyampaian informasi ke masyarakat seperti pelayanan di kepolisian hingga penerimaan calon anggota Polri.

“Sosialisasi bisa ke sekolah-sekolah, ke pondok pesantren, hingga ke kampus-kampus perguruan tinggi,” tuturnya.

Eddwi menerangkan, pemilihan Duta Humas tidak sembarangan asal comot. Ada persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon Duta Humas seperti memiliki wawasan luas, mampu menguasai public speaking, memiliki etika berkomunikasi, memahami apa yang sedang dijalankan, tanggap menerima informasi dan mampu menanganinya, serta mengerti apa arti dari tugas sebagai Duta Humas, dan penampilannya menarik.

Saat ini, Humas Polda Jatim sudah memilih dua mahasiswi cantik menjadi Duta Humas yakni Intan Pambudi (20) mahasiswi semester 4 Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) dan Mentari Dharmaning Pertiwi (23) mahasiswi semester akhir Fakultas Ekonomi UPN Surabaya.

“Sementara ini kami tunjuk langsung. Tapi tetap harus memiliki kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan. Mereka akan dikontrak selama satu tahun,” tuturnya.

“Tahun selanjutnya akan dilakukan seleksi. Kalau sekarang diseleksi, membutuhkan waktu lama,” tandasnya sambil menambahkan bahwa program Duta Humas adalah instruksi dari Mabes Polri.

SUMBER | DETIK.COM

Facebook Comments