full screen background image

Polisi Diminta Usut Tuntas Kasus Penembakan Warga di Aceh Timur

Share Button
ajmi

Direktur Aceh Judicial Monitoring Institute (AJMI), Agusta Mukhtar. FOTO | M. DAHLAN

Banda Aceh-Polisi diminta untuk dapat mengusut hingga tuntas aksi penembakan warga yang terjadi di desa Penarun Baru Kecamatan Penarun Kabupaten Aceh Timur. Apalagi, Polisi yang dinilai sebagai institusi untuk melindungi dan memberi rasa aman kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Direktur Aceh Judicial Monitoring Institute (AJMI), Agusta Mukhtar, kepada media ini, Minggu, 5 Maret 2017, di Banda Aceh. “Polisi harus mengusut tuntas kasus penembakan yang terjadi di desa Penarun Baru Kecamatan Penarun Kabupaten Aceh Timur,” ujar Agusta Mukhtar.

Dikatakan dia, selayaknya polisi bekerja secara maksimal untuk menanggulangi setiap bentuk teror dan kekerasan yang terjadi, sehingga masyarakat tidak di resahkan dengan setiap aksi-aksi terror dan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok yang tidak bertanggungjawab.

“Kondisi politik yang kian memanas sebelum, menjelang dan setelah Pilkada, jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak dan kelompok yang tidak bertanggungjawab yang dapat mengganggu proses perdamaian,” ungkapnya.

Menurutnya, polisi harus bertanggung jawab terhadap kondisi yang terjadi di Aceh karena itu masuk dalam wewenang dan tupoksi polisi. Kasus penembakan tersebut, tutur dia, patut diduga berkaitan dengan pilkada dan adanya upaya-upaya dari kelompok-kelompok yang belum bisa menerima pelaksanaan Pilkada di Aceh yang sebelumnya secara keseluruhan berlangsung aman dan damai.

“Kepolisian dengan segala kelengkapannya harus mampu mendeteksi secara dini kasus penembakan tersebut, jangan kemudian polisi baru bertindak setelah peristiwa terjadi. Kita juga mendesak Kepolisian untuk menangkap dan mengungkap kasus tersebut secepat mungkin, agar tidak menimbulkan persepsi yang negatif bagi masyarakat terhadap kasus itu,” tandasnya.

[Penulis | Kontributor Banda Aceh]
[Editor   | Suandris]

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM