full screen background image

PPS Ujung Tombak Suksesnya Pilkada Banda Aceh 2017

Share Button
PPS Banda Aceh

Panitia Pemungutan Suara (PPS). FOTO | Ist

Banda Aceh–Wakil Walikota Banda Aceh, Drs Zainal Arifin mengatakan seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak Kota Banda Aceh tahun 2017 merupakan ujung tombak suksesnya Pilkada yang aman, jujur dan adil.

Pernyataan ini disampaikan Zainal Arifin seusai acara pelantikan 270 anggota PPS Kota Banda Aceh, Kamis (21/7/2016) di Aula lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh.

Pria yang akrab disapa Keuchik Zainal ini mengatakan, dengan dilantiknya anggota PPS, maska seluruh organ penyelenggara Pilkada di tingkat Kota Banda Aceh telah tersedia.

“Karenanya, kita berharap seluruh tahapan pemilu yang sudah mulai kita laksanakan akan dapat dituntaskan sampai dengan penetapan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih pada Pilkada 2017 mendatang,” harapnya.

Selaku pimpinan daerah, Keuchik Zainal menyerukan kepada para PPS dalam 90 Gampong dalam Kota Banda Aceh, agar kiranya dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai beban tupoksi pemilihan.

“Jadilah panitia pemungutan suara yang senantiasa menjaga dan mengedepankan independensi serta tidak terkontaminasi oleh kepentingan politik peserta Pemilu manapun,” pintanya.

Lanjutnya, seluruh rakyat sangat berharap pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak 2017 di Kota Banda Aceh, dapat berjalan aman, jujur, adil dan mampu melahirkan pemimpin daerah lima tahun selanjutnya yang berkualitas.

Dan untuk mewujudkan itu, salah satunya sangat ditentukan oleh keberhasilan para PPS melaksanakan tugas pemungutan suara yang kredibel dan mampu mencegah kecurangan yang mungkin saja terjadi di tingkat Tempat Pemungutan Suara. Karena itu, sekali lagi perlu ditekankan, tugas anda para PPS sangat menentukan untuk melahirkan pemilihan umum yang bersih dan berkualitas.

Ketua KIP Kota Banda Aceh, Munawarsyah seusai melantik menyampaikan 270 orang PPS yang dilantik telah melalui seleksi yang ketat oleh pihaknya. Bahkan saat pendaftaran dibuka yang diikuti oleh 504 orang, tiga orang dinataranya langsung dicoret karena masih tercatat sebagai anggota partai politik.

“Dari 270 orang yang kita lantik ini, kami masih memberikan kesempatan kepada masyarakat kota agar memberikan laporan kalau ada menemukan PPS yang dilantik tercatat sebagai anggota partai politik,” pintanya.

Honor PPS

Dalam kesempatan tersebut, Munawarsyah juga menyampaikan bahwa honor yang akan diberikan kepada PPS mengacu kepada peraturan yang dikeluarkan Kementerian Keuangan RI. Dan KIP Kota Banda Aceh bersama Pemko Banda Aceh memilih standar maksimal untuk honor PPS yang akan bekerja di 90 Gampong di Banda Aceh.

“Tentunya saudara-saudara mau tahu berapa honornya, yang terpilih sebagai Ketua PPS akan mendapatkan Rp.900 Ribu/bulan, sementara anggota PPS lebih kecil Rp.50 ribu saja, yakni Rp.850 Ribu,” ungkap Munawarsyah.

Di akhir sambutannya, Munawarsyah mengatakan ada harapan besar dipundak-pundak para PPS akan hadirnya Pilkada berkualitas, yang adil dan jujur untuk kemudian melahirkan pemimpin yang berkualitas juga.

Reporter |Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.